Angkasa Pura 2

Sekitar 1000 Buruh Gelar Orasi Di Pintu 9 Pelabuhan Tanjung Priok

Aksi PolisiSenin, 1 Mei 2017
IMG-20170501-WA0006-600x400

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sekitar 1000 buruh dari Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (FBTPI), dan Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI), Senin (1/5/2017) menggelar unjuk rasa di Pos 9 Pelabuhan Tanjung Priok.

Unjuk rasa dalam memperingati Hari Buruh Sedunia (May Day) dilakukan
pekerja yang tergabung dalam FBTPI dengan berorasi sambil membawa berbagai spanduk antara lain berisi : Cabut PP No 78 tahun 2015 tentang Pengupahan, sita harta dan hukum berat koruptor.

Mereka juga menyuarakan tolak upah murah dan sistem kerja kontrak /outsourching serta sejumlah tuntutan lainnya termasuk penolakan terhadap kenaikan Tarif Dasar Listrik.

Buruh yang tergabung dalam FBTPI terdiri dari SBPN (Serikat Buruh Pelabuhan Nusantara), AMT (Awak Mobil Tangki) SBTPI Pelumpang, dan PPI (Pergerakan Pelaut Indonesia).

Sebelumnya pk 08.45 WIB bertempat di persimpangan Pos 9 Pel Tg Priok telah melintas massa Serikat Pekerja Nasional (SPN) dengan menggunakan 15 bus pariwisata, 12 unit mobil pribadi dan 80 unit sepeda motor.

Setelah berorasi, kaum buruh yang tergabung dalam
FBTPI memasuki 29 bus dan metromini meninggalkan Pelabuhan Tanjung Priok menuju kawasan Patung Kuda sekitar Istana.

Sekitar pkl 10.00 WIB, 50 orang massa SBSI (Serikat Buruh Sejahtera Indonesia) melakukan orasi dan sempat memaksa masuk ke wilayah Pelabuhan Tanjug Priok untuk menjemput massa dari PT. Mustika Alam Lestari (MAL).

Namun setelah mendapat penjelasan dari petugas bahwa sesuai UU No. 9 Th 1998 dilarang unjukrasa di wilayah Pelabuhan, massa akhirnya meninggalkan pelabuhan sekitar pk 11 menuju Kalideres Jakarta Barat.

IMG-20170501-WA0008-600x400

Sementara itu Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Roberthus Yohanes De Deo memimpin pelaksanaan apel pengamanan May Day di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara.

Sebanyak 636 personil gabungan dari Polres Pelabuhan, Polres Metro Jakut, Polda Mero Jaya dan stake holder pelabuhan dikerahkan untuk mengamankan May Day. Apel dilaksanakan di lapangan MKT Pelabuhan Tanjung Priok dalam rangka pengamanan perayaan hari buruh sedunia (May Day).

Kapolres mengatakan petugas perlu memahami bahwa dalam memperingati Hari Buruh Sedunia (May Day )adalah tanggung jawab kita untuk melakukan pelayanan dan pengamanan antara lain di titik kumpul massa.

Kapolres mengatakan agar petugas mengamankan
beberapa kegiatan bongkar muat yang masih berjalan antara lain di TPK Koja.
(wilam)