Angkasa Pura 2

Kali Pertama, Kapal Ro-Ro dari Filipina Sandar di Pelabuhan Bitung

DermagaSelasa, 2 Mei 2017
lnvotxnnjhfkyg95hxrs

BITUNG (beritatrans.com) – Kapal Roll On Roll Of (Ro-Ro) dari Filipina datang untuk pertama kalinya ke Indonesia hari ini, Selasa (2/5/2017).

Kapal jenis Super Shuttle Ro-Ro 12 dengan kapasitas 500 TEUS ini rencananya akan sandar di Dermaga IV/IKD Pelabuhan Bitung, Manado, Sulawesi Utara. Kapal ini dioperasikan oleh Asian Marine Transport Corporation (AMTC), sebuah perusahaan pelayaran swasta dari Filipina.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut A. Tonny Budiono direncanakan menyambut kedatangan kapal tersebut pada pukul 09.00 waktu setempat atau pukul 10.00 WIB, mewakili pemerintah Indonesia dan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Perhubungan Filipina, Arthur P. Tugadeyang menandatangani deklarasi kerjasama konektivitas transortasi antara Indonesia dan Filipina yang salah satunya menggunakan moda kapal Ro-Ro. Deklarasi tersebut disaksikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Presiden Filipina, Rodrigo Duterte pada Jumat (28/4/2017).

Penandatanganan ini dilaksanakan di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Brunei Indonesia Malaysia Philipines-East Asean Growth Area (BIMP-EAGA) ke-12 di Manila, Filipina.

Pada kesempatan itu Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa implementasi proyek konektivitas laut ini mempunyai arti penting bagi Indonesia, karena selain akan menciptakan rute pelayaran dan perdagangan baru, juga mendukung program prioritas nasional Presiden RI yaitu menjadikan Pelabuhan Bitung sebagai hub internasional.

”Konektivitas ini akan memberikan peluang besar bagi kedua belah pihak, dilihat dari sisi ekonomi, waktu, maupun peluang dalam meningkatkan perdagangan,” ujar Menhub Budi.

Rute Davao-Bitung diperkirakan hanya membutuhkan waktu tempuh 1-2 hari. Jauh lebih singkat dibandingkan dengan rute Bitung-Surabaya atau Jakarta-Manila-Davao, yang membutuhkan setidaknya 1- 2 minggu.(aliy)

loading...