Angkasa Pura 2

PKTJ: Pengemudi Kendaraan Umum Selama 4 Jam Harus Beristirahat Minimal Setengah Jam

Koridor SDMMinggu, 7 Mei 2017
Pengemudi Transjak

TEGAL  (Beritatrans.com) – Kampus Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan  (PKTJ) Tegal Jawa Tengah konsisten mendidik dan memberdayakan masyarakat serta komit meningkatkan  keselamatan transportasi di jalan raya.

Awak kendaraan baik angkutan barang atau penumpamg harus mampu dan profesional  yang dibuktikan dengan kepemilikan SIM sesuai jenis dan ukuran kendaraan yang dikemudikan.

Selain itu, seorang pengendara atau pramudi juga harus bekerja secara normal, tidak melebihi batas waktu yang ditentukan dalam UU LLAJ.

Kampus PKTJ melalui akun @pktj_tegal menyebutkan, “waktu kerja untuk pengemudi Kendaraan bermotor umum telah diatur dengan Undang Undang. Bagi Pengemudi Kendaraan Bermotor Umum, setelah mengemudikan Kendaraan selama 4 (empat) jam berturut-turut wajib beristirahat paling singkat setengah jam.”

images-1

Sedangkan waktu kerja bagi Pengemudi Kendaraan Bermotor Umum paling lama adalah 8 (delapan) jam sehari. “Dalam hal tertentu pengemudi dapat dipekerjakan paling lama 12 (dua belas) jam sehari termasuk waktu istirahat selama 1 (satu) jam,” sebut akun resmi PKTJ seperti dikutip  Beritatrans.com, Minggu (7/5/2017).

Hal ini (batas waktu kerja penemudi) tersebut dimaksudkan agar pengemudi tidak terlalu lelah dan tetap fokus berkonsentrasi mengemudikan kendaraannya di jalan raya, demi keselamatan penumpang dan pengguna jalan lainnya. (helmi).