Angkasa Pura 2

Awas, Tak Mengenakan Sabuk Keselamatam Diancam Sanksi Pidana Kurungan Sebulan

KoridorSenin, 8 Mei 2017
Sabuk Keselamatan

JAKARTA (Beritatrans.com) – Mengenakan sabuk keselamatan saat mengendarai atau menumpang mobil sudah diatur dan diwajibkan dalam UU di Indonesia dan sanksinya jelas. Orang yang tak mengenakan sabuk keselamatan diancam sanksi pidana hukuman kurang satu bulan atau denda sebesar Rp250 ribu.

Pemerintah telah mewajibkan kepada setiap pengemudi kendaraan bermotor beroda empat atau lebih serta penumpang di sampingnya agar mengenakan sabuk keselamatan.

Kementerian Perhubungan sebagai regulator melalui akun @kemenhub151 menyebutkan, “Peraturannya termaktub dalam Undang-undang Republik Indonesia No.22 Tahun 2009, Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 106 ayat 6. Sanksi yang dijatuhkan apabila seseorang tidak mengenakannya, juga dicantumkan pada pasal 289″

Para pelanggarnya bisa dipidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah). Untuk itu, mari kita patuhi undang-undang tersebut, dengan senantiasa mengenakan sabuk keselamatan dan memprioritaskan aspek keselamatan dalam berkendara.(helmi)

loading...