Angkasa Pura 2

Perdagangan Antar Pulau di Saumlaki Tercipta Berkat Tol Laut

Dermaga Ekonomi & BisnisSenin, 8 Mei 2017
IMG-20170508-WA0013

TERNATE (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, kehadiran program tol laut Presiden Joko Widodo dorong perdagangan antar pulau di Saumlaki.

Sebelumnya masyarakat di Saumlaki tidak mengerti adanya perdagangan antar pulau karena masyakarat menilai perdagangan antar pulau itu mahal dan terlalu jauh.

“Keberadaan tol laut ini selain bisa menurunkan disparitas harga di daerah terpencil dan terluar, ini juga bisa mendorong masyarakat menjadi kreatif dan memiliki suatu usaha baru bagi masyarakat yang bernilai ekonomi,” jelas Menhub di Ternate, Senin (8/5/2017).

Dengan masuknya Saumlaki dalam rute jaringan tol laut telah menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat yang berada di Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku itu. Terlebih saat kapal yang bermuatan sembilan bahan pokok (sembako) ini merapat di Pelabuhan Saumlaki.

“Di Saumlaki begitu ada kapal tol laut itu seperti berkah yang luar biasa bagi mereka, begitu ada kapal sembako datang di mana ada potensi untuk mengembalikan (muatan) dari sana menuju Pulau Jawa dan pulau lainnya,” tutur Menhub. (omy)