Angkasa Pura 2

PLBN Entikong Perlu Dilengkapi Fasilitas Terminal Yang Baik dan Reptresentatif

Koridor SDMSenin, 8 Mei 2017
IMG-20170507-WA0069

JAKARTA (Beritatrans.com) – Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kab. Sanggau, Prov. Kalimantan Barat membutuhkan keberadaan terminal baik untuk penumpang dan barang.   Fasilutas yang ada PLBN di Entikong saat ini dirasa masih perlu ditingkatkan.

“PLBN Entikong merupakan representasi wajah Indonesia di mancanegara khususnya Malaysia dan Brunei. Sudah sepantasnya  dilebgkapi dengan fasilitas yang baik  dan relresentatif,” kata Kepala Lab Transportasi Unika Soegijopranoto Semarang Djoko Setijowarno, ST,MT kepada Beritatrans.com di Jakarta, Senin (8/5/2017)

Dikatakan, hampir setiap pagi sebelum pintu pelayanan PLBN dibuka jam 05.00 sudah ada masyarakat yang antri disana  Mereka perlu dilayani  dengan sebaik-baiknya. Sementara, antrian kendaraan cukup panjang, sejak jam 02.00. “Pelayanan PLBN Entikong buka antara jam 05.00-17.00,” jelas Djoko.

Setidaknya ada minimal 8 bus lintas batas negara dan 40-60 kendaraan pribadi maupun sewa yang antri di jalan masuk.  Dengan rutin, lanjut Djoko, delapan bus tersebut dua ke Negara Brunei dan enam menuju Kuching (Serawak, Malaysia).

“Perjalanan dari Pontianak ke Entikong dapat ditempuh 5-6 jam. Selanjutnya menuju dari Entikong hingga Kuching skitar 1,5-2 jam,” papar Djoko.

Akses jalan masuk memang sedang dalam proses pelebaran dari dua lajur menjadi empat lajur. “Jalan 4 lajur direncanakan dan ditargetkan hingga akhir 2018 bisa selesai sepanjang 22 km dari Balai Karangan hingga Entikong,” sebut Djoko.

IMG-20170507-WA0064

Letak Terminal Jauh

Sementara letak Terminal Entikong yang sekarang berjarak 3 km dari PLBN Entikong. “Cukup jauh dan kurang mendukung. Belum lagi kondisi fisik dan sistem pelayanannya tidak memenuhi persyaratan sebagai terminal penumpang,” tukas Djoko.

Fakta saat ini, menurut Djoko, banyak fasitas yang belum disediakan, sesuai dengan SPM Terminal Penumpang.

“Masalah ini yang mendapat perhatian  serius dari pejabat di Indonesia. PLBN Entikong dan Terminal  Penumpang dan Barang yang ada perlu ditingkatkan kualitas dan kapasitasnya. Semua ini terkait harga diri dan pelayanan Indonesia sebagai bangsa,” tegas Djoko.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari