Angkasa Pura 2

Kemhub Gunakan Listrik Tenaga Surya Di Terminal, Stasiun, Pelabuhan dan Bandara

Menhub hematt2

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemhub) telah mengembangkan kebijakan pemanfaatan sumber energi listrik untuk tranportasi yang hemat dan ramah lingkungan. Selanjutnya membangun listrik tenaga surya pada fasilitas transportasi, seperti terminal, stasiun, pelabuhan, bandara, dan lain-lain.

“Inisiasi lain adalah dengan menggunakan teknologi listrik seperti motor listrik menjadi suatu gaya hidup baru yang ramah lingkungan. Tempat bermain untuk anak muda yang menggunakan energi motor listrik atau tempat olahraga dengan menggunakan energi listrik,” kata Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (10/5/2017).

Dia menambahkan,  Kemhub juga akan membuat dengan menggunakan tenaga surya di beberapa bandara dan terminal. Dengan gaya hidup baru ini kita harapkan menjadi banyak sehingga economy scale bisa tercapai, jika tercapai dengan baik kita dapat lakukan secara massal.

Tantangan ke depan, menurut Menhub, sesuai dengan target pemenuhan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), beberapa program untuk transportasi darat yang akan dilakukan dan dikembangkan Kemenhub adalah mengembangkan sistem angkutan umum massal (kereta api dan bus) sehingga diharapkan share angkutan umum dapat meningkat.

“Jadi kita harapkan presentase masyarakat Jakarta di masa mendatang yang menggunakan transportasi massal pada tahun 2025 bisa meningkat menjadi 30%. Suatu angka yang terlihat belum mayoritas tapi upaya itu tidak gampang tapi saya yakin jika kita lakukan dengan konsisten hal tersebut dapat terwujud,” tutup Menhub. (helmi)