Angkasa Pura 2

Lakukan Spooring dan Balancing Secara Berkala

OtomotifSelasa, 16 Mei 2017
Spooring_balancing_Yogi_A

Bekasi (BeritaTrans.com) – Pernahkah Anda ketika sedang mengemudi mobil tiba-tiba stir bergetar atau lari ke kiri atau ke kanan? Jika, ya, tandanya mobil kesayangan Anda harus segera dibawa ke bengkel untuk di spooring dan balancing.

Sebab tanpa disadari dalam aktifitas keseharian umumnya Anda sering melalu jalan bergelombang dan jalanan berlubang. Hal ini lambat laun bakal memicu masalah pada bagian roda dan kaki-kaki mobil.

Jika masalah ini biarkan terlalu lama maka akan sangat membahayakan keselamatan diri Anda dan penumpang yang ikut di dalamnya.

Untuk diketahui, roda yang terdiri pelek dan ban adalah bagian terpenting dari kendaraan. Tanpa komponen tersebut mustahil sebuah mobil dapat melaju di jalanan.

Nah, salah satu perawatan agar mobil tetap nyaman dan aman selama dikendarai adalah dengan melakukan spooring dan balancing secara berkala.

Bayu, salah seorang mekanik bengkel mobil di kawasan Galaxy, Bekasi, menjelaskan, bahwa kondisi jalanan yang rusak dapat berdampak pada kinerja bagian roda.

“Mobil yang sering melewati jalanan yang rusak lama kelamaan akan mempengaruhi kinerja pada bagian roda dan kaki-kaki. Ini bisa dirasakan dengan gejala, seperti setir bergetar ketika sedang melaju, terdengar bunyi-bunyi di bagian roda, laju kendaraaan tidak stabil serta setir membuang ke kiri dan ke kanan,” ucapnya kepada Beritatrans (15/5/2017).

Lebih lanjut menurut pria murah senyum ini, kesimpulannya adalah kinerja mesin yang baik serta kenyamanan berkendara pastinya diharapkan oleh semua pengguna kendaraan. Karenanya perawatan bagian roda disarankan dilakukan secara berkala agar ketika melaju jalannya lebih perfect, aus pada ban kembali rata dan kemudi menjadi lurus seperti semula. [yog]

Foto: Yogi