Angkasa Pura 2

Pemprov Jawa Tengah Siap Ratusan Bus dan KA untuk Mudik Gratis Warganya

Emplasemen KoridorSelasa, 16 Mei 2017
Mudik Gratis_lebaran

SEMARANG (Beritatrans.com) – Kepala Badan Penghubung Provinsi Jateng Koesdarminto mengatakan program mudik gratis kembali diselenggarakan Pemprov Jawa Tengah pada masa mudik Lebaran 2017 mendatang. Fasilitas mudik grtis bagi warga Jawa Tengah yang tinggal di Jabodetabek diharapkan bisa mengurangi kemacetan dan kecelakaan dengan fatalitas yang tinggi.

Sebanyak 177 bus dengan kapasitas 9.123 penumpang yang disediakan Pemprov Jateng untuk digunakan mudik warga Jateng pada libur Lebaran nanti.

Selain bus, tahun ini Pemprov Jateng juga menyediakan fasilitas kereta api (KA) untuk mudik gratis. Untuk mudik gratis dengan KA akan diberangkatkan pada 22 Juni 2017 mendatang.

Program mudik gartis itu, lanjut Koesdarminto, sebagai bentuk kepedulian untuk membantu warga Jateng yang bekerja pada sektor informal di wilayah Jabodetabek, dan masyarakat yang kurang mampu. Mereka bisa mendapatkan sarana transportasi secara pasti, mudah, aman dan nyaman. Selain itu, meringankan beban biaya pemudik lebaran.

“Jadi penghasilan yang diperoleh dapat dibawa pulang ke kampung halaman dengan utuh. Di sisi lain, program ini juga bisa meningkatkan silaturahmi masyarakat Jateng di Jakarta dan sekitarnya,” ujar Koesdarminto dalam siaran pers di Semarang, Senin (15/5/2017).

Ke-177 bus yang disediakan untuk mudik gratis itu, 39 di antaranya merupakan bantuan langsung dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dengan kapasitas total 2.106 penumpang. Sedangkan, 83 bus di antaranya, dengan kapasitas 4.267 merupakan bantuan dari para bupati dan wali kota se-Jateng dan 55 bus lainnya, dengan kapasitas 2.750 penumpang hasil bantuan dari Bank Jateng.

“Mereka akan diberangkatkan dari Area Parkir Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII Jakarta Timur pada 20 Juni mendatang. Rencananya Bapak Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang akan melepas,” imbuh Koesdarminto.

Ada tiga KA yang akan digunakan untuk mudik gratis itu, yakni KA Gajah Wong jurusan Pasar Senen-Purwokerto-Kroya-Gombong-Kembumen-Kutoarjo dengan kapasitas 720 penumpang, KA Menoreh jurusan Pasar Senen-Brebes-Tegal-Pemalang-Pekalongan-Weleri-Semarang Tawang, dan KA Jaka Tingkir tujuan Pasar Senen-Purwokerto-Tambak-Gombong-Kebumen-Kutoarjo-Purwosari Solo dengan kapasitas 608 penumpang.(hms/helmi)