Angkasa Pura 2

Badan Litbang Kembali Gelar Pemantauan Pra Angkutan Lebaran

Koridor LitbangRabu, 17 Mei 2017
IMG_20170517_184246

JAKARTA (beritatrans.com) – Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Perhubungan kembali melakukan pantauan pra angkutan lebaran di sepanjang jalan tol dan jalan raya pantai utara (Pantura). Kegiatan ini berlangsung mulai hari ini, Rabu hingga Jumat (17-19/5/2017).

Kegiatan yang digelar secara rutin setiap tahun ini dipimpin oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Darat dan Perkeretaapian Badan Litbang Perhubungan Ir. Felix Iryantomo. Didampingi oleh Arif Anwar, Kabid Pengembangan Teknologi dan Penunjang Penelitian, Pusat Penelitian dan Pengembangan Trasportasi Jalan dan Perkeretaapian. Juga Yok Suprobo, ST, M.Sc, Kepala Subbidang Evaluasi dan Pelaporan, Bidang Program dan Evaluasi, Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Jalan dan Perkeretaapian

Dua pakar transportasi darat juga turut serta yaitu dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Dharmaningtyas dan dari Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, Semarang, Jawa Tengah, Djoko Setijowarno.

IMG_20170517_184102

Menurut Felix, kegiatan pemantauan jalur transportasi darat ini merupakan amanat Kepala Badan Litbang Perhubungan Umiyatun Hayati Triastuti yang menghendaki agar pelaksanaan masa Angkutan Lebaran 2017/1438 H berjalan lancar, selamat, dan aman sebagaimana perintah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

“Apalagi pada masa Angkutan Lebaran tahun ini Presiden Joko Widodo berharap agar jalan tol tidak hanya sampai Brebes Timur atau Brexit, tetapi juga bisa berfungsi hingga Tegal, Pemalang, sampai Semarang, Jawa Tengah,” kata Felix.

Berdasarkan target Presiden Joko Widodo itulah Badan Litbang melakukan survei awal yang hasilnya nanti akan dijadikan sebagai laporan kepada Menteri Perhubungan.

IMG_20170517_133545

Selain melihat kondisi jalan tol, terutama dari Brexit hingga Semarang, Tim Badan Litbang juga melihat kondisi jalan non tol Pantura, termasuk kondisi terminal tipe A Cirebon dan jembatan timbang. Tim Badan Litbang juga mengunjungi kantor Pejagan – Pemalang Road Toll (PPTR) sebagai pengelola jalan tol Pejagan hingga Pemalang sejauh 57,5 km.

Di kantor PPTR ini Tim Badan Litbang banyak mendapat informasi seputar rencana operasi fungsional jalan tol Brexit hingga Pemalang pada masa Angkutan Lebaran nanti dari Kepala Operasi PPTR Dudung AR. Sedangkan untuk kunjungan ke lapangan Tim Badan Litbang didampingi oleh penanggung jawab teknis PPTR, Mita Lolita.(aliy)