Angkasa Pura 2

Dirjen Hubla: Latihan Regional Marpolex Dua Tahun Sekali

DermagaRabu, 17 Mei 2017
IMG-20170517-WA0007

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemhub) A Tonny Budiono mengungkapkan bahwa latihan atau simulasi Regional Marpolex dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

“Ini merupakan wujud nyata Ditjen Hubla selaku Kepala Puskodalnas dalam menjaga dan mewujudkan kesiapsiagaan aset dan sumber daya nasional dalam menanggulangi pencemaran minyak di laut,” tuturnya di Jakarta, Rabu (17/5/2017)

Dengan adanya latihan bersama ini, menurut Tonny, selain dapat meningkatkan kerja sama dan koordinasi dengan Filipina dan Jepang, diharapkan Indonesia juga dapat memberikan respon cepat jika terjadi pencemaran minyak di laut.

“Latihan Regional Marpolex ini disetting  secara real skenario agar nantinya dapat diterapkan jika kejadian tersebut terjadi nyata,” kata dia.

Usai pelaksanaan simulasi di Pelabuhan Benoa, Bali, sore ini rangkaian kegiatan Regional Marpolex itu ditutup oleh Direktur KPLP Capt. Jonggung Sitorus selaku Head of Delegation dari Indonesia yang ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Head of Delagation dari indonesia, Filipina dan Jepang yang diikuti oleh sirine kapal. (omy)