Angkasa Pura 2

Ditjen Hubla – MPA Singapura Gelar Workshop Ballast Water Management

DermagaRabu, 17 Mei 2017
IMG-20170517-WA0009

Jakarta (beritatrans.com) – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan Maritime and Port Authority of Singapore (MPA) menyelenggarakan Workshop on the Ballast Water Management (BWM) pada tanggal 17 – 19 Mei 2017 bertempat di Hotel Merlynn Park Jakarta.

Workshop tersebut dibuka oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut yang diwakili Pelaksana Harian Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Capt. Bharto Ari Raharjo dengan peserta workshop dari Kantor Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

IMG-20170517-WA0011

Penyelenggaraan workshop ini untuk mendukung rencana Pemerintah Indonesia dalam Implementasi Konvensi BWM, dengan penekanan pada latar belakang dan ketentuan konvensi BWM, PSC Guidelines, Sampling, Survey dan Sertifikasi, BWM Management Plan, Pengecualian dan Konsep Same Risk Area, serta Approval dan Sistem BWM.

Workshop ini selain merupakan tindak lanjut MOU Training antara Ditjen Hubla dengan Maritime and Port Authority of Singapore (MPA) yang ditandatangani pada tahun 2015, juga merupakan salah satu bentuk komitmen Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam menyelenggarakan pelayanan transportasi laut yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

IMG-20170517-WA0010

Pada workshop ini menghadirkan 2 (dua) orang narasumber dari MPA Singapura yaitu Flag State Control MPA, Mr. Ranabir Chakravarty dan Port State Control MPA, Capt. Zheng Yi.

“Melalui Workshop ini diharapkan akan menghasilkan panduan bagi semua pihak yang terlibat dalam inspeksi Negera Bendera dan Negara Pelabuhan berdasarkan ketentuan Konvensi BWM. Selain itu, penyelenggaraan workshop ini juga merupakan bentuk nyata keaktifan dan kerjasama antara Indonesia dengan MPA Singapura yang telah terjalin baik selama ini,” ujar Bharto. (aliy)

loading...