Angkasa Pura 2

Ditjen Perkeretaapian Target 19 Mei 2017 Ramp Check Selesai

EmplasemenRabu, 17 Mei 2017
IMG-20170217-WA0037

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemhub) menargetkan sesuai rencana, ramp check sarana dan prasana kereta api (KA) selesai pada 19 Mei 2017.

“Untuk pemeriksaan di Daop (Daerah Operasi) 1-9 sudah selesai saat ini penyelesaian di 4 Divre di Sumatera,” jelas Direktur Keselamatan Ditjen Perkeretaapian Edi Nursalam kepada BeritaTrans.com, Rabu (17/5/2017).

Dari hasil uji kelaikan, menurut Edi ada beberapa temuan kecil yang dapat langsung diatasi oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Misalnya saja terjadi penyempitan parit di area daerah rawan, pengelasan yang kurang detil, dan lain sebagainya.

“Bila ada yang kurang, agar dilengkapi, untuk mengetahui dengan pasti kesiapan KAI pada angkutan Lebaran 2017,” kata dia.

Tantangan dalam uji kelaikan ini, ditambahkan Edi adalah terkait dengan sarana KA. Dimana terkadang saat dilakukan pengecekan, posisi KA sedang beroperasi, sehingga menunggu sampai kembali.

“Nanti Senin-Rabu akan dilakukan inspeksi menggunakan kereta khusus pada jalur Selatan dan Utara,” tuturnya.

Edi mendapat tugas inspeksi pengecekan sarana dan prasarana di jalur utara seperti Banyuwangi hingga Jember, Jawa Timur.

Dijelaskannya bahwa inspeksi yang akan dilakukan, untuk mengecek perbaikan-perbaikan dari temuan yang terjadi pada saat uji kelaikan dan dipastikan sudah dilaksanakan. (omy)

loading...