Angkasa Pura 2

Ruas Tol Brexit – Pemalang Siap Difungsikan H-10 Angkutan Lebaran 2017/1438 H

Koridor LitbangRabu, 17 Mei 2017
IMG_20170517_184102

BREBES (beritatrans.com) – Ruas jalan tol antara Brebes Timur atau Brexit hingga Pemalang sejauh 37 km sudah bisa difungsikan mulai H-10 Angkutan Lebaran 2017/1438 H.

Demikian disampaikan penanggung jawab teknis pembangunan jalan tol Brexit – Pemalang PT Pejagan Pemalang Road Toll (PPRT) Mita Lolita saat menerima kunjungan Tim Pantuan Pra Angkutan Lebaran 2017/1438 H Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Perhubungan di kantor PPTR, Brebes, Jawa Tengah, Rabu (17/5/2017).

“Kami menargetkan pada H-10 lebaran ruas tol Brexit – Pemalang sudah dapat difungsikan,” kata Mita.

Menurutnya, saat ini pihaknya sedang menyelesaikan beberapa ruas tol yang masih belum selesai. Untuk sementara, di ruas Brexit – Pemalang akan menggunakan Lean Concrete atau cor dasar dengan lebar 7 meter dan ketebalan 10 cm.

“Jalur yang difungsikan pun hanya 1 ruas dan digunakan untuk melayani arus mudik kendaraan dari Jakarta menuju Semarang. Begitu pun saat arus balik, akan diprioritaskan untuk arus kendaraan yang mengarah ke Jakarta,” kata Mita.

Seperti diberitakan sebelumnya, Badan Litbang Perhubungan kembali melakukan pantauan pra angkutan lebaran di sepanjang jalan tol dan jalan raya pantai utara (Pantura). Kegiatan ini berlangsung mulai hari ini, Rabu hingga Jumat (17-19/5/2017).

Kegiatan yang digelar secara rutin setiap tahun ini dipimpin oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Darat dan Perkeretaapian Badan Litbang Perhubungan Ir. Felix Iryantomo. Didampingi oleh Arif Anwar, Kabid Pengembangan Teknologi dan Penunjang Penelitian, Pusat Penelitian dan Pengembangan Trasportasi Jalan dan Perkeretaapian. Juga Yok Suprobo, ST, M.Sc, Kepala Subbidang Evaluasi dan Pelaporan, Bidang Program dan Evaluasi, Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Jalan dan Perkeretaapian

Dua pakar transportasi darat juga turut serta yaitu dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Dharmaningtyas dan dari Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, Semarang, Jawa Tengah, Djoko Setijowarno. (aliy)