Angkasa Pura 2

Agar Dapat Kursi Di Kereta, Penumpang Hamil & Lansia Dikasih Lencana

EmplasemenKamis, 18 Mei 2017
images-9

images-8

NEW YORK (BeritaTrans.com) – Agar kereta bawah tanah di New York semakin nyaman untuk ditumpangi, Otoritas Transit Metropolitan New York (NYMTA) meluncurkan program lencana bagi penumpang yang membutuhkan tempat duduk.

Dilansir dari Travel and Leisure pada Rabu (17/5/2017), lencana berwarna kuning itu diberikan kepada penumpang prioritas, yakni wanita hamil, orang lanjut usia dan penyandang keterbatasan fisik, yang sering tidak mendapat tempat duduk di kereta bawah tanah.

Lencana itu bertuliskan “Baby on board!” dan “Please offer me a seat”.

Diharapkan setelah melihat seseorang yang mengenakan lencana tersebut, penumpang yang masih sanggup berdiri bisa memberikan mereka tempat duduk.

Program ini dimulai sejak akhir pekan kemarin.

Bagi mereka yang membutuhkan lencana, bisa mendapatkannya langsung melalui situs resmi NYMTA.

Sebelum program lencana kuning dimulai, NYMTA sudah memiliki program tempat duduk prioritas bagi penumpang yang memiliki keterbatasan fisik untuk berdiri lama sepanjang perjalanan kereta.

Program tersebut disahkan melalui peraturan resmi NYMTA, yang berbunyi “tidak ada yang boleh menolak memberikan tempat duduk yang sudah ditetapkan sebagai tempat duduk prioritas kepada penumpang prioritas.”

Selain New York, kota lain yang menerapkan program lencana ialah London. Sejak 2005, pemerintah di sana membagikan 130 ribu lencana setiap tahunnya.

Tapi program tersebut tak selamanya mulus. Sempat diberitakan kalau ada wanita hamil yang diminta membuktikan kehamilannya oleh salah satu penumpang yang menolak memberikannya tempat duduk. (della/sumber cnnindonesia).