Angkasa Pura 2

Kemhub Siapkan 44.000 Kapasitas Sepeda Motor Mudik Gratis

Dermaga Emplasemen KoridorKamis, 18 Mei 2017
IMG_20170518_114353

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap penyelenggaraan mudik gratis dapat mengurangi kemacetan dan melancarkan arus mudik secara keseluruhan.

“Kementerian Perhubungan tahun ini menyelenggarakan angkutan gratis sepeda motor menggunakan truk, kereta api, dan kapal laut,” kata Menhub di Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Penyelenggaraan kembali mudik gratis ini, menurut Menhub karena keprihatinan yang mendalam mengingat masih banyaknya masyarakat yang mudik dengan sepeda motor untuk pulang ke kampung halaman.

“Pemesanan untuk mudik gratis ini dapat dilakukan melalui online dan di titik-titik kota keberangkatan, terutama untuk angkutan laut,” ujar dia.

Tahun ini Kemhub menyediakan kapasitas angkut untuk 208ribu lebih penumpang dan 44ribu sepeda motor, melalui tiga moda tersebut. Jumlah ini meningkat 57 persen dari tahun sebelumnya untuk sepeda motor dan 55 persen kapasitas penumpang.

Selain untuk mudik Lebaran, angkutan gratis sepeda motor juga disiapkan untuk arus balik pasca Lebaran.

Sesjen Kemhub Sugihardjo menambahkan bahwa untuk informasi dan pendaftaran selain dilakukan secara online, juga bisa di Kantor Pusat Kemhub dan Kantor Dishub.

“Karena semangat maritim, tahun ini juga kembali digelar angkutan motor gratis dengan kapal laut,” kata Sugihardjo. (omy)