Angkasa Pura 2

Kemhub Siapkan Sistem Informasi dan Komunikasi Angkutan Lebaran 2017

Siskom Lebaran 2017

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemhub) sebagai koordinator Angkutan Lebaran 2017 sudah mempersiapkan infrastruktur dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan angkutan Lebaran mendatang.

Koordinasi dengan para pemangku kepentingan seperti Mabes Polri, Kementerian PUPR, PT Jasa Marga, Kementerian Kesehatan, Kementerian ESDM dan PT Pertamina sudah dilakukan untuk penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2017 yang lebih baik dan manusiawi.

@kemenhub151 15 Mei, “Kemenhub telah menyiapkan sistem informasi dan komunikasi untuk menyambut arus mudik & balik pada Lebaran 2017.”

Dengan jaringan komunikasi dan informasi yang makin baik dan terintegrasi, diharapkan bisa memperlancar perjalanan arus mudik dan balik Lebaran.

Pengguna jalan bisa memilih dan menentukan jalur mudik yang terbaik dan tidak macet, sesuai tujuan masing-masing.

Dengan bantuan fasilitas informasi dan komunikasi, diharapkan bisa menekan dampak negatif serta potensi terjadinya kecelakaan transportasi saat peak season Lebaran 2017 nanti.

Julah Armada Disiapkan

Jumlah sarana yang disiapkan transportasi darat untuk angkutan Lebaran Tahun 2017 sebanyak 48.790 bus yang terdiri dari AKAP, AKDP dan Pariwisata. Jumlah ini naik sebesar 2.312 Bus dari tahun sebelumnya. Untuk prasarana, total jumlah terminal yaitu 48 yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan Kalimantan.

“Untuk angkutan ASDP, kapal Ro-Ro yang disiapkan sebanyak 195 kapal dengan tujuh lintas yakni, Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Padangbai-Lembar, Bajoe-Kolaka, Tanjung Api-Api-Tanjung Kelian, Kayangan-Pototano, dan Kariangau-Penajam,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Sementara, Ditjen Perhubungan Laut memproyeksikan ada 1.278 unit kapal penumpang yang akan dilakukan rham ceck sebelum digunakan untuk melayani angkutan umum.

Kapal tersebut akan melayani berbagai rute termasuk dari daerah perbatasan dengan neara tetangga seperti Batam, kepri, Pontianak, Balikpapan dan lainnya menuju kampus halaman terutama di pulau Jawa.

Untuk moda udara ada ratusan pesawat berbagai jenis dan ukuran disipkan untuk melayani pemudik. sejauh ini akan ada 523 pesawat yang disiapkan untuk mengangkut penumpang mudik Lebaran 2017.

Masa operasi mudik Lebaran mulai 15 Juni sampai 10 Juli 2017. “Sebanyak 523 pesawat itu akan melayani 35 bandar udara‎ (bandara) yang kami siapkan untuk mudik Lebaran tahun ini.”

Termasuk di dalamnya yang akan dioperasikan untuk penerbangan tambahan (extra flight) saat arus mudik dan balik Lebaran 2017.(helmi)