Angkasa Pura 2

Rp90 Miliar Digelontorkan Kemhub Untuk Mudik Sepeda Motor Gratis

Dermaga Emplasemen KoridorKamis, 18 Mei 2017
IMG_20170518_114420

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menggelontorkan anggaran Rp90 miliar untuk mudik sepeda motor gratis dengan tiga moda transportasi.

Menurut Menteri Perhubungan anggaran terbesar dialokasikan untuk mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut yakni berjumlah Rp32 miliar. Disusul angkutan darat menggunakan truk dan bus dengan biaya Rp30 miliar. Terakhir dengan kereta api dengan alokasi Rp28 miliar.

Anggarannya kata Menhub, naik signifikan karena tahun ini peningkatan kapasitasnya yang juga signifikan mencapai lebih dari 55 persen dibandingkan tahun lalu.

“Hanya angkutan kereta api yang penumpangnya tetap membeli tiket dan sepeda motornya gratis, mengingat kapasitas angkutnya yang terbatas. Bila ingin gratis dua-duanya bisa memilih angkutan laut atau darat,” kata Menhub di Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Untuk angkutan laut rutenya adalah Jakarta melalui Pelabuhan Tanjung Priok ke Semarang (Pelabuhan Tanjung Emas). Untuk mudik dan arus balik.

“Tiga armada disiapkan, satu berkapasitas 1.000 motor dan dua kapal masing-masing 500 motor,” ujar Dirjen Perhubungan Laut A. Tonny Budiono.

Sedangkan untuk angkutan darat disiapkan truk dan bus untuk beberapa rute tujuan di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Keberangkatan akan dilepas di TMII Jakarta Timur,” tutur Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto.

Secara keseluruhan, kesiapan untuk pelaksanaan mudik gratis ini sudah mulai dilakukan. Pembukaan pendaftaran juga sudah dimulai untuk ketiga moda transportasi tersebut. (omy)