Angkasa Pura 2

Tol Ruas Bawen – Salatiga Siap Difungsikan Awal Juni 2017

Koridor LitbangKamis, 18 Mei 2017
IMG_20170518_123137

SEMARANG (beritatrans.com) – Ruas jalan tol antara Bawen, Semarang menuju Salatiga, Jawa Tengah sudah siap difungsikan awal Juni 2017 mendatang untuk menyambut Angkutan Mudik Lebaran 2017/1438 H.

Demikian disampaikan Direktur Teknik PT Trans Marga Jateng (TMJ) Ali Zainal saat menerima Tim Pemantauan Pra Angkutan Lebaran Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Perhubungan yang dipimpin oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Darat dan Perkeretaapian Badan Litbang Perhubungan Ir. Felix Iryantomo di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (18/5/2017).

IMG_20170518_124817

Ali Zainal mengaku optimistis ruas tol Bawen – Salatiga sepanjang 17,6 kilometer tersebut dapat melayani para pemudik lebaran tahun ini. Sehingga masyarakat yang masuk tol Semarang bisa langsung keluar di pintu tol Salatiga.

Berdasarkan pemantauan di lapangan, saat ini PT TMJ sedang menyelesaikan pengecoran di ruas Bawen – Jembatan Tuntang sepanjang 2 km. Selepas Jembatan Tuntang hingga Salatiga sudah selesai dicor.

“Kami tidak menggunakan LC (lean concrete) lagi, tapi langsung menggunakan cor standar untuk jalan tol,” katanya.

IMG_20170518_124732

Kepala Bidang Program dan Evaluasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Darat dan Perkeretaapian Badan Litbang Perhubungan Felix Iryantomo juga menilai bahwa ruas tol Bawen – Salatiga sudah bisa dimanfaatkan untuk membantu para pemudik lebaran nanti.

“Saya lihat rambu dan marka jalan pun sudah terpasang,” kata Felix.

Memang menurut Felix ruas Bawen – Jembatan Tuntang menjadi penentu bisa atau tidaknya ruas tersebut difungsikan pada masa Angkutan Lebaran nanti.

“Tadi saya mendapat laporan bahwa pengerjaan di ruas itu sedang dikebut siang dan malam. Mudah-mudahan bisa selesai tepat waktu,” ujar Felix.

IMG_20170518_124942

Badan Litbang Perhubungan menjelang Angkutan Lebaran tahun ini kembali melakukan pemantauan pra angkutan lebaran di sepanjang jalan tol dan jalan raya pantai utara (Pantura), termasuk kondisi terminal Tipe A dan jembatan timbang. Kegiatan ini berlangsung mulai hari ini, Rabu hingga Jumat (17-19/5/2017).

Felix Iryantomo didampibgi oleh Arif Anwar, Kabid Pengembangan Teknologi dan Penunjang Penelitian, Pusat Penelitian dan Pengembangan Trasportasi Jalan dan Perkeretaapian. Juga Yok Suprobo, ST, M.Sc, Kepala Subbidang Evaluasi dan Pelaporan, Bidang Program dan Evaluasi, Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Jalan dan Perkeretaapian

Pakar transportasi darat dari Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, Semarang, Jawa Tengah, Djoko Setijowarno juga turut serta. (aliy)