Angkasa Pura 2

Trotoar Fasilitas untuk Pejalan Kaki Bukan Sepeda Motor

KoridorKamis, 18 Mei 2017
trotoar3 jln kaki

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kementerian Pehuhungan terus menjalankan tupoksi yaitu menegakkan aturan mengenai keselamatan transportasi seluruh moda.

Berbagai cara dilakukan termasuk  kampanye kesepamata dan tertib lalu lintas melalui media sosial (medsos)   @kemenhub151 dan seluruh jaringannya. Termasuk di kampus-kampus transportasi di seluruh Tanah Air.

Kasus pelanggaran yang masih banyak terjadi adalah berjalan bukan pada tempatnya. Trotoar yang merupakan fasilitas dikhususkan bagi pejalan kaki.

“Namun masih sering didapati pengemudi sepeda motor yang nekad mengendarai motornya menaiki trotoar sehingga membahayakan keselamatan para pejalan kaki,” sehut akun resmi Kemenhub itu.

Masih menurut @kemenhub151, 
Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ)  pasal 131 dengan jelas telah mengatur tentang hak pejalan kaki di jalan raya:

1. Pejalan kaki berhak atas ketersediaan fasilitas pendukung yang berupa trotoar, tempat penyeberangan, dan fasilitas lain. 2. Pejalan kaki berhak mendapatkan prioritas pada saat menyeberang jalan di tempat penyeberangan.

3. Dalam hal belum tersedia fasilitas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), pejalan kaki berhak menyeberang di tempat yang dipilih dengan memperhatikan keselamatan dirinya.

Kemenhub151 juga meminta seluruh masyarakat menaati aturan lalu lintas, demi tertib hukum dan aturan  berlalu lintas.

Selama ini, banyak kasus kecelakaan lalu lintas di jalan raya diawali dengan pelanggaran. Dari pelanggaran itu akhirnya memicu terjadinya kecelakaan bahkan korban jiwa.(helmi)

loading...