Angkasa Pura 2

KNKT Himbau Perusahaan Penyelenggara Mudik Lebaran 2017 Perhatikan Keselamatan

KoridorJumat, 19 Mei 2017
Rapat_KNKT_Persiapan_Angkutan_Lebaran_2017

JAKARTA (Beritatrans.com) – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menghimbau kepada seluruh perusahaan angkutan mudik lebaran dan penyelenggara mudik gratis tahun 2017 untuk memperhatikan faktor keselamatan.

Hal ini kemabli ditegaskan KNKT saat rapat pembahasan Keselamatan Angkutan Lebaran 2017, di kantor KNKT Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Dalam rapat tersebut dijelakan bahwa baik perusahaan angkutan resmi lebaran maupun perusahaan yang memiliki program mudik gratis dianjurkan untuk selalu memperhatikan unsur-unsur keselamatan dalam berkendara, terutama pengemudi dan kendaraan.

Untuk tahun ini KNKT telah menyiapkan beberapa program kegiatan kampanye terkait dengan keselamatan moda transportasi darat sehingga musim mudik lebaran tahun 2017 dapat berjalan baik dan lancar.

“Kampanye Keselamatan Angkutan Lebaran 2017 adalah inisiatif kami dalam rangka membantu program pemerintah untuk mengurangi angka kecelakaan saat musim mudik lebaran nanti,” ujar Zulfikar, salah satu anggota tim investigasi KNKT darat kepada Beritatrans.com.

Sesuai dengan visi dan misi, KNKT sangat peduli akan keselamatan transportasi. Oleh sebab itu pihaknya secara konsisten akan terus melakukan serangkaian kampanye kepada perusahaan penyelengggara angkutan umum mudik lebaran dengan menyambangi perusahaan penyelenggara dan beberapa terminal bus yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut KNKT, faktor keselamatan yang terkait moda transportasi darat terdiri dari berbagai unsur-unsur, yakni manusia, lingkungan, sarana dan pra sarana serta management operator.

“Selain diharapkan bisa mengurangi jumlah kecelakaan, dengan adanya kampanye ini, nantinya para pengemudi dan operator perusahaan penyelenggara lebih menyadari serta memahami pentingnya keselamatan selama perjalanan, sehingga pada akhirnya penumpang pun bisa merasa aman, nyaman hingga ke kampung halamannya,” pungkas Zulfikar.