Angkasa Pura 2

Kapal KM Mutiara Sentosa I Dikandaskan

DermagaSabtu, 20 Mei 2017
kapal-tanker-samudra-biru-168_20170407_085524-553x393

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pasca terbakarnya KM Mutiara Sentosa I rute Surabaya-Balikpapan dengan 187 penumpang di perairan Masalembu, kapal tersebut selanjutnya dikandaskan pada lokasi dangkal pada Jumat (19/5/2017) sekitar pukul 23.00 WIB.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah membuat Maklumat Pelayaran ke stasiun radio pantai untuk disebarkan ke instansi terkait dan kapal-kapal yang berada disekitar lokasi kejadian untuk memberikan pertolongan terhadap para penumpang kapal KM. Mustika Sentosa 1.

Dengan adanya kejadian ini, Dirjen Perhubungan Laut A Tonny Budiono menyatakan keprihatinannya karena masih terulangnya kejadian terbakar kapal penumpang di perairan Indonesia.

Berbagai upaya peningkatan keselamatan pelayaran telah dilakukan seperti melakukan uji petik kelaiklautan kapal oleh tim marine inspector Ditjen Hubla yang dilakukan secara berkala.

“Terutama menjelang angkutan laut Lebaran yang telah dimulai 17 April hingga 30 Juni 2017,” tegas Tonny di Jakarta, Sabtu (20/5/2017).

Dia berharap, faktor keselamatan pelayaran harus benar-benar dilaksanakan semua pihak baik regulator, operator maupun pengguna jasa transportasi laut.

“Kejadian terbakarnya kapal KM. Mutiara Sentosa 1 menandakan belum sepenuhnya pelaksanaan aturan keselamatan pelayaran dijalankan dengan sungguh-sungguh. Kami selaku regulator telah mengeluarkan aturan-aturan keselamatan dan semestinya menjadi tanggung jawab bersama di dalam pelaksanaan dan penegakan aturan tersebut oleh Operator maupun masyarakat pengguna jasa,” urai Tonny.

Kedepan, Tonny akan memperketat dan mengevaluasi aturan-aturan keselamatan pelayaran serta melakukan law enforcement yang tegas.

“Saya instruksikan kepada seluruh jajaran agar menindak pelanggaran atas kelalaian terhadap keselamatan pelayaran tanpa kompromi,” pungkasnya. (omy)