Angkasa Pura 2

Capt. Prihartanta: Kita Didik dan Siapkan Penyidik Kecelakaan Kapal Profesional di Daerah

Dermaga SDMSenin, 22 Mei 2017
IMG-20170522-WA0050

BADUNG (Beritatrans.com) – Kasubdit Tertib Berlayar,  Direktorat KPLP Ditjen Hubla Capt. Prihartanta EB Jatnika, MM  menginisiasi pelaksanaan diklat teknis bimbingan pemeriksaan kecelakaan kapal.  Diklat ini diharapkan mampu mendidik dan menyiapkan aparat serta penyidik kecelakaan laut yang profesional di daerah.

“Setelah mengikuti diklat  Bimtek Tata Cara Pemeriksaan Kecelakaan Kapal ini diharapkan mampu menghasilkan inspektor pemeriksaan kapal yang andal dan siap bersaing,”  kata  Capt. Prihartanta di Badung, Senin (22/5/2017).

Dalam diklat teknis ini, menurut Capt. Prihartanta, pihaknya menghadirkan narasumber ahli di bidangnya. Mereka akan memberikan pembekalan teknis pemeriksaan kapal secara menyeluruh.

 ”Sepulang ke empat kerjanya nanti mereka bisa menjalankan tugasnya dengan lebik baik dan benar,” tegas Capt. Prihartanta.

IMG-20170522-WA0049

SPB dan Pemuatan Kapal

Pantauan Beritatrans.com pada sesi pertama Bimtek Tata Pemeriksaan Kecelakaan Kapal di Badung Bali,  banyak masalah yang mengemuka terutama terkait Surat Persetujuan Berlayar (SPB) dari Syahbandar serta tata cara pemuatan barang di atas kapal.

Kedua hal itu sering menjadi masalah ketika kapal  mengalami kecelakaan di laut. Aparat Syahbandar sering menjadi kambing hitam dan banyak dipersalahkan bahkan bisa terkena delik pidana.

Kasus di lapangan, sering terjadi pemilik  kapal atau nakhoda sering memaksa untuk tetap berlayar. Di daerah tertentu bahkan awak kapal justru mengancam aparat di lapangan agar tetap diiizinkan untuk berlayar.

Kendati begitu, Capt. Prihartanta menegaskan, SPB diberikan  dengan tetap mengacu pada keselamatan pelayaran.

“Keselamatan dan keamanan pelayanan harus menjadi prioritas utama bagi syahbandar sebelum memberikan SPB. Kapal harus laik laut dan toleransi diberikan sesuai ketentuan pemerintah,” tandas Capt. Prihartanta.(helmi)

IMG-20170522-WA0053

loading...