Angkasa Pura 2

KNKT Investigasi Kecelakaan Bus ELF dengan KA Lodaya Pagi

KoridorSenin, 22 Mei 2017
Kecelakaan_Elf_R-1724-EA_KA_Lodaya_Pagi

JAKARTA (Beritatrans.com) – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan investigasi kecelakaan tabrakan antara bus Elf R-1724-EA dengan Kereta Api Lodaya Pagi di Desa Pucung, Cilacap Jawa Tengah pada 18 April 2017.

Dalam investigasi tersebut, KNKT menugaskan tim investigator yang berjumlah 5 orang dengan pengambilan data dilanjutkan ke Kepolisian Resort (Polres) Cilacap. Tim KNKT sendiri menuju lokasi kecelakaan pada tanggal 20 April 2017 yang diawali dengan mengambil data kecelakaan yang berada di Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap.

Pada pemeriksaan ini, Tim KNKT menemukan beberapa bukti sementara berupa Mobil bus mengalami kerusakan berat pada bagian bodi kanan belakang yang disertai dengan pecahnya kaca pada seluruh bagian kanan bus.

Disamping kedua bukti tersebut, Tim KNKT juga menemukan bukti lainnya seperti terlepasnya pintu belakang mobil bus. Setelah melakukan investigasi terhadap kondisi sarana transportasi yang mengalami kecelakaan, maka Tim KNKT juga melakukan investigasi terhadap lokasi kecelakaan yang berada di pintu lintasan sebidang Kereta Api.

Beragam bukti sementara yang ditemukan oleh tim KNKT diantaranya : palang pintu perlintasan masih menggunakan sistem manual, tidak ditemukannya alat komunikasi pada pos penjaga perlintasan dan kecepatan rata-rata kereta api yang melintas sebesar 75 km per jam.

Pada hari ketiga, tim KNKT melakukan wawancara dengan pengemudi mobil bus Elf ini dan beberapa korban lainnya. Pada wawancara ini diperoleh bukti sementara yaitu porseneling bus berada pada posisi gigi dua dan mobil bus Elf berisi rombongan satu keluarga yang akan menghadiri hajatan.

Bukti lainnya adalah beberapa korban yang diwawancari tidak mengetahui secara pasti, apakah bus ini hanya terpental atau berputar setelah tertabrak kereta api. Sebelum mengakhiri investigasi ini, Tim KNKT melakukan pengambilan data yang berada di DAOP V Purwokerto. [yog]

loading...