Angkasa Pura 2

Polri Turunkan 100.000 Personel Amankan Jalur Mudik Lebaran 2017

Aksi Polisi Koridor SDMRabu, 24 Mei 2017
Rakor Angleb 2017

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kepala Korplantas Polri Irjen Royke Lumowa menyatakan, pihaknya akan menurunkan 100.000 personil untuk mengatur lalu lintas dan mengamankan jalur selama arus mudik dan balik Lebaran 2017. Dengan kesiapsiagaan aparat di lapangan tersebut, diharapkan bisa langsung mengatasi semua permasalahan di lapangan sejak dini.

“Mereka (aparat Polri) itu akan diturunkan di beberapa jalur primer yang membutuhkan perhatian khusus yaitu diantaranya Tol Cikampek KM 66 dan pintu tol keluar Pejagan,” kata Irjen Royke di Jakarta usai Rakor Angkutan Lebaran terpadu 2017 di Jakarta, Selasa (23/5/2017).

Di tempat yang sama, Menhub Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa dirinya bertindak sebagai koordinator Angkutan Lebaran 2017 namun di lapangan, Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa menjadi komandan lapangan. “Pihak Kepolisian yang membuat rekayasa lalu lintas, jiika nantiterjadi kepadatan lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran 2017 mendatang,” papar Menhub lagi.

Menhub juga menyatakan apresiasinya kepada seluruh pihak yang terlibat diantaranya kepada Kementerian PUPR yang telah membangun jalan Pejagan Semarang sepanjang 145 km, Kementerian ESDM yang menyediakan pom bensin di beberapa tempat, Kementerian Kesehatan yang menyediakan posko kesehatan di berbagai tempat.

Untuk meningkatkan kelancaran dan mengeliminer dampak negatif selama arus mudik Lebaran, Menhub menghimbau para pemudik untuk menghindari penggunaan sepeda motor untuk mudik dengan jarak jauh karena kecelakaan yang melibatkan sepeda motor lebih dari 50%.

“Oleh karena itu, Kemenhub beserta para BUMN dan stakeholder mengadakan program angkutan sepeda motor gratis dan mudik gratis yang dapat mengangkut 208.435 penumpang dan 44.721 sepeda motor,” tandas Menhub lagi.(helmi)

loading...