Angkasa Pura 2

Cegah Serangan Teror, Fasilitas Umum Transportasi Perlu Dilengkapi X Ray

xraypar_20161007_140040

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kejadian ledakan bom oleh teroris di Terminal Kampung Melayu,  Jakarta Timur Rabu (24/5/2017) malam menunjukkan sasaran serangan bom beralih ke keramaian.

“Terminal penumpang salah satu simpul transportasi. Masih ada bandara, pelabuhan dan stasiun lain yang bisa menjadi sasaran aksi serupa do Tanah Air,” kata  Kepala Lab Transpirtasi Unika Soegijopranoto Semarang kepada Beritatrans.com di Jakarta, Sabtu (27/5/2017).

Mejurutnya sistem pengamanan yang cukup ketat baru di bandara.  Celah-celah inilah yang berpotensi dimanfaatkan oleh para teroris untuk melancarkan serangannya.

IMG-20170526-WA0043

“Di Tiongkok dan Hong Kong, setiap stasiun dilengkapi peralatan X ray  untuk pengamanan setiap penumpang yang akan naik kereta,” jelas Djoko.

Melihat kejadian akhir-akhir ini, saran Djoko, tidak ada salahnya di stasiun, pelabuhan dan terminal di Indonesia dilengkapi pula peralatan X Ray.

“Dengan X Ray tersebut  diharapkan bisa mendetekasi bahan peladak atau materi berbahaya  lainnya  ke tempat umum seperti kasus ledakan bom di Halte Transjakarta Kampung Melayu Rabu silam,” tegas Djoko.(helmi)