Angkasa Pura 2

Inilah Pekerjaan Menantang Personel Bandara Soetta di Malam Hari

BandaraMinggu, 28 Mei 2017
AP2 bersihkan apron

JAKARTA (Beritatrans.com) – Personel PT Angkasa Pura (AP) II siap bekerja siang malam untuk melayani pengguna jasa termasuk kalangan maskapai penerbangan terutama di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) selama 24 jam sehari.

BUMN bandara itu mungkin banyak kelihatan adalah pelayanan ke penumpang dan kargo di bandara di siang hari. Tapi, pada malam menjelang dini hari tetap ada pekerjaan menantang dan terkait langsung dengan keselamatan penerbangan.

Presiden Direktur (Presdir) AP II Muhammad Awaluddin‏ melalui akun pribadinya @mawaluddin menyebutkan, “Malam menjelang larut. Tugas menantang lainnya buat kami ada di sisi udara @CGK_AP2 @AngkasaPura_2 Runway, taxiway dan apron jadi fokus.” katanya seperti dikutip Beritatrans.com, Minggu (28/5/2017).

Setelah malam hari dan frekuensi penerbangan berkurang, lanjut Awaludin, tugas personel AP II adalah membersihkan taxiway, apron bahkan landasan pacu.

“Semua fasilitas itu harus dalam posisi clean dan clear. Saat penerbangan pertama take off atau landing besok hari semua sudah siap,” papar Awaludin.

Bersihkan pesawat

Seperti diketahui, Bandara Soetta adalah bandara international dan terbesar di Indonesia. Bandara ini melayani penerbangan selama 24 jam sehari.

Adapun waktu paling padat di bandara di daerah Tangerang itu memang saat pagi dan sore hari waktu berangkat atau pulang kerja.

Tapi, banyak pula penerbangan international atau penerbangan ke Indonesia timur seperti Ambon dan Papua dilakukan di malam sampai dini hari.

Konsekuensinya, manajemen AP II sebagai operator Bandara Soetta harus siap melayani masyarakat dan pengguna jasa selama 24 jam sehari.(helmi)