Angkasa Pura 2

Strategi Jitu Pit Ferrari Buat Vettel Jadi Juara

OtomotifSenin, 29 Mei 2017
f1_monaco_gp_2017_race_winner_vettel_ferrari_2017_motorsport

Monte Carlo (Beritatrans.com) – Strategi jitu yang dilakukan pit stop Ferrari membuat Sebastian Vettel jadi juara balapan di Formula 1 GP Monaco. Keberhasilan yang ditorehkan Vettel ini setidaknya telah memupuskan harapan Kimi Raikkonen.

Seperti dilansir dari Motorsport, dalam laga kemarin, pebalap Jerman itu unggul lima detik di depan peraih pole Raikkonen. Secara klasemen, Vettel kini berada di posisi atas lebih unggul 25 poin.Sementara rival Vettel di klasemen, Lewis Hamilton, finis urutan ketujuh meski harus memulai balapan dari rombongan tengah. Romain Grosjean menyelesaikan balapan di urutan kedelapan.

Sebelum balapan Monako, Jenson Button, yang melakukan penampilan perdana dan juga terakhir di F1 2017, mendapat transmisi radio dari pembalap yang ia gantikan, Fernando Alonso. Saat lima lampu merah padam, mayoritas pebalap berhasil melewati tikungan pertama Sainte Devote tanpa ada insiden berarti. Raikkonen menjaga posisi pimpinan balapan di depan Vettel dan Bottas.

Ketika memasuki putaran ke-14, Raikkonen masih berada di posisi pimpinan dengan jarak keunggulan 2,5 detik. Akan tetapi Vettel perlahan-lahan mampu memangkas jarak dan mulai mendekati rekan setimnya itu.

Pada putaran ke-26, pimpinan balapan Raikkonen mulai menghadapi mobil pertama yang harus di-overlap, Button. Akhirnya situasi tersebut dimanfaatkan Vettel untuk memangkas jarak keunggulan rekan setimnya menjadi 1,2 detik.

Strategi overcut (pit stop lebih telat) juga dilakukan Vettel dan ia berhasil keluar di depan Raikkonen, sekaligus mengambil alih posisi pimpinan balapan. Sejak titik itu, Vettel terus memperbesar jarak keunggulannya hingga sempat mencapai delapan detik.

Sementara Hamilton akhirnya melakukan pit stop pada putaran ke-47. Pembalap Inggris Raya itu bergabung kembali ke lintasan di posisi ketujuh – 50 detik di belakang Vettel. Dan saat bendera finis dikibarkan, Vettel akhirnya berhasil menjaga posisi pimpinan balapan dan memberikan Ferrari kemenangan Monako perdana sejak tahun 2001. [yog]

Foto: Motorsport