Angkasa Pura 2

Bengkel Antri Jelang Mudik? Yuk, Cek Mesin Sendiri

OtomotifSelasa, 30 Mei 2017
Servis_Bengkel_Mobil_2017

BEKASI (Beritatrans.com) – Menjelang musim mudik umumnya bengkel resmi maupun non APM kerap diserbu oleh mobil yang diservis. Kenapa? pasalnya, sebagian besar dari mereka akan melakukan perjalanan jauh yang tentunya tak ingin mengalami masalah atau mogok di jalan.

Lantas bagaimana dengan mobil kesayangan Anda sendiri? Jika belum melakukan servis, mungkin ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan sendiri apa saja yang perlu diperbaiki sebelum dibawa ke bengkel.

Tambunan salah satu mekanik bengkel mobil di kawasan Jatibening, Bekasi mengungkapkan bahwa, mengecek kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh seperti mudik adalah hal yang wajib dilakukan bagi setiap pemilik kendaraan.

Servis_Bengkel_Mobil_2017_A

“Setiap pengemudi tentunya tak ingin mengalami masalah atau mogok di perjalanan. Untuk itu pengecekan kendaraan sebelum mudik wajib dilakukan,” kata Tambunan kepada Beritatrans.com hari ini di Bekasi, Selasa (30/5/2017).

Setiap pemilik kendaraan, kata pria berusia 35 tahun ini, bisa mengecek kendaraannya sendiri terlebih dahulu secara manual, di antaranya mengecek oli (sebaiknya ganti oli di bengkel sebelum mudik), air accu (kepala aki dibersihkan dan air accu ditambah sesuai batas yang ditentukan), oli rem (ditambah sesuai batas yang ditentukan) air radiator (jika memakai coolant, kuras air radiator dengan yang baru)

Setelah bagian mesin, pengecekan dilanjutkan ke bagian roda-roda, seperti pada tekanan serta permukaan ban dari sisi bagian dalam apakah nampak aus atau tidak, ini biasanya ditandai kemudi atau stir tidak stabil (lari ke kiri atau ke kanan). Jika Anda menemukan gejala seperti ini, segera bawa ke bengkel guna permeriksaan lebih lanjut.

Pengecekan selanjutnya adalah memeriksa kondisi pada lampu-lampu yang ada di mobil kesayangan Anda muali dari lampu utama bagian depan, belakang dan hazard kiri dan kanan, lampu mundur hingga lampu rem.

“Untuk bagian lampu sebenarnya pemilik bisa menggantinya sendiri di rumah, hanya saja tinggal membeli part tersebut di toko-toko onderdil terdekat, tapi kalau tidak ada waktu dan memang tidak bisa, bawa saja ke bengkel untuk dikerjakan” pungkas pria berusia 35 tahun ini.

Lebih lanjut pria asal Sumatera Utara ini menyatakan apabila memang diperlukan suatu tindakan untuk mobil Anda, sebaiknya memang disarankan untuk membawanya ke bengkel.

“Biasanya mekanik lebih mengetahui apa yang harus dilakukan, jika memang mobil tersebut bermasalah atau tidak,” tutur Tambunan.

Nah, Bagaimana dengan Anda? Sudahkah mengecek mobil kesayangan Anda ke bengkel, jika belum, tak ada salahnya Anda coba lakukan hal ini terlebih dahulu di rumah sendiri. [yog]

Foto: Yogi