Angkasa Pura 2

BMKG Ingatkan Waspada Potensi Hujan Lebat di Wilayah Indonesia

Another NewsRabu, 31 Mei 2017
Cuaca buruk

JAKARTA (Beritatrans.com) – Meningkatnya kejadian bencana hidrometeorologi di beberapa wilayah Indonesia seperti banjir di Padang, serta angin kencang di Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Sulawesi Tenggara dalam beberapa hari terakhir dipicu oleh kondisi atmosfer yang sangat labil di wilayah Indonesia.

“Dalam beberapa hari ke depan suplai uap air sebagai pendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera masih relatif tinggi,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG DR. Yunus S. Swarinoto,M.Si dalam siaran pers yang diterima Beritatrans.com, Rabu (31/5/2017).

Kondisi ini, lanjutnya, disebabkan oleh beragam fenomena, dari daerah pertemuan angin hingga dinamika atmosfer skala yang lebih luas. Besarnya pengaruh lokal dan tingginya pemanasan mengakibatkan periode saat ini hingga akhir Juli nanti memicu peningkatan intensitas Thunderstorm yang memungkinkan terjadi petir dan angin kencang.

Diperkirakan akan terjadi peningkatan curah hujan disertai peluang kejadian angin kencang serta gelombang tinggi. “Masyarakat di wilayah berikut ini agar waspada, yaitu antara lain: Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, Papua,” tandas Yunus.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari