Angkasa Pura 2

Dirjen Pudji Pantau Proses Uji Kendaraan di BPKB Amplas Medan

KoridorKamis, 1 Juni 2017
IMG_20170601_121744

MEDAN (BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto memantau proses uji kendaraan umum di Balai Pengujian Kendaraan Bermotor (BPKB) Amplas, Medan, Sumatera Utara.

Dirjen Pudji didampingi Direktur Angkutan dan Multimoda Cucu Mulyana, Direktur Pembinaan Keselamatan Eddi, dan Direktur Sarana Edy Gunawan.

Seluruh proses dipantau Pudji sembari mengontrol peralatan uji dan berbincang dengan penguji.

“Saya melihat langsung pengujian kendaraan dan ternyata ada beberapa peralatan yang kurang berfungsi,” ujar Pudji di Medan, Kamis (1/6/2017).

Dia menyesalkan kurangnya pengawasan dan kontrol dari Dinas Perhubungan serta Unit Pelaksana Teknis (UPT) pada kondisi peralatan pengujian.

Diantaranya adalah pada saat pengecekan spedometer, rem, dan lampu, dimana peralatannya tidak berfungsi saat dioperasikan.

“Lihat ini, ada laba-laba masih hidup di peralatan uji lampu. Bila seperti ini maka akan menghambat pengujian,” kata dia.

Pengujian kendaraan bermotor bagi angkutan umum dan angkutan barang, lanjut Pudji, dilakukan untuk meningkatkan keselamatan.

“Pengujian dan hasilnya harus ril, jangan sampai ada pungli untuk meluluskan,” tegasnya.

Ini berlaku bagi semua pihak, baik penguji maupun kendaraan yang diuji. Begitu juga dengan pengusaha dan pemilik kendaraan, harus mengontrol dan mengawasi, jangan justru turut mendukung pungli.

“Saya minta hilangkan praktik pungli. Biaya uji kendaraan hanya Rp61.000, jangan dipungli misalnya menjadi Rp100.000 saat tidak lulus tetapi meminta diluluskan,” kata dia. (omy)

loading...