Angkasa Pura 2

Telkomsel Hibahkan Kapal Wisata Sawunggaling Surya Transport Buatan ITS Ke Pemkot Surabaya

Dermaga Telekomunikasi & PosKamis, 1 Juni 2017
createimage_small.php

SURABAYA (BeritaTrans.com) – Manajemen Telkomsel persembahkan kado istimewa untuk HUT ke-724 kota Surabaya berupa 1 unit Kapal Wisata berkapasitas 10 penumpang untuk masyarakat umum berwisata air menyusuri Kalimas.

Kapal berbahan fiberglass ini dikerjakan selama 6 bulan yang menghabiskan dana sekitar Rp 700 juta. Dan diserahkan langsung Executive Vice President Telkomsel Area Jawa Bali, Ririn Widaryani kepada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, Rabu sore (31/05/2017). Seremoni tersebut disaksikan oleh pembuat kapal, Prof Dr Ir Eko B Djatmiko Msc dari Fakultas Kelautan sekaligus ketua tim pengerjaan kapal dari ITS didukung Telkomsel.

Ririn Widaryani, Executive Vice President Telkomsel Area Jawa Bali mengatakan, kapal wisata ini diberi nama Sawunggaling Surya Transport. Nama kapal tersebut terilhami kehebatan tokoh legendaris Surabaya di masa lalu yakni Tumenggung Raden Mas Ngabehi Sawunggaling.

“Wisata air di Kota Surabaya harus digalakkan. Fasilitas pendukung sudah tersedia dan keindahan Kota Surabaya juga asyik dinikmati di sepanjang menyusuri sungai dengan kapal wisata maupun perahu,” tandas Ririn.

Ririn menambahkan, Kapal Wisata “Sawunggaling Surya Transport” ini menggunakan tenaga surya, dashboard touch screen serta dilengkapi sensor suhu udara, sensor PH Air. Untuk tenaga surya, bisa disimpan di baterai sebagai cadangan.

“Bantuan Kapal Wisata dari Telkomsel untuk Kota Surabaya ini untuk melengkapi wisata air Kalimas yang sudah sangat bersih dan tertata rapi. Kehadiran kapal ini untuk melengkapi transportasi untuk berwisata di Surabaya,” papar Ririn.

Di kesempatan yang sama, Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya mengungkapkan, ide terciptanya kapal ini tercetus ketika dirinya menceritakan kondisi sungai di Surabaya yang berpotensi untuk dijadikan objek wisata kepada salah satu direksi Telkomsel.

“Saya masih ingat waktu itu saya pernah bahas kapal ini dengan Pak Mas’ud (Direktur Sales Telkomsel waktu itu). Dan Pak Mas’ud berkeinginan membranding kapal tersebut dengan logo Telkomsel yang diharapkan bisa keliling sepanjang sungai Kalimas. Saya tanya saja, apa kontribusi Telkomsel untuk Surabaya jika nantinya hal ini diwujudkan. Dan hari inilah mereka berhasil merealisasikan tantangan tersebut,” ungkap Risma.

Sebagai informasi, untuk keperluan wisata darat Telkomsel telah menyumbang satu unit bus wisata. Dan kini, Telkomsel menyumbang Kapal Wisata bertenaga suraya untuk masyarakat agar bisa menikmati keindahan Kalimas. (della).

Sumber: lensaindonesia.com