Angkasa Pura 2

Beberapa Daerah di Indonesia Berpeluang Dibangun Skybridge Antara Terminal dan Stasiun

Emplasemen KoridorJumat, 2 Juni 2017
IMG-20170602-WA0007

JAKARTA (Beritatrans.com) – Integrasi dua atau tiga simpul transportasi di berbagai daerah di Indonesia bisa dilakukan. Kisah sukses Pemkot Surakarta dan Kementerian Perhubungan membangun jembatan penghubung (skybridge) antara Terminal Tirtonadi dengan Stasiun Solo Balapan layak menjadi contoh bagi daerah lain di Tanah Air.

Bukan hanya terminal dan stasiun, Pemerintah ke depan juga akan mengintegrasikan Stasiun Solo Balapan dengan Bandara Adi Sumarmo dengan membangun jaringan kereta api (KA) yang baik dan representatif.

“Masih ada kemungkinan proyek seperti ini (jembatan penghubung) untuk dibangun di Terminal Ir. Soekarno dengan Stasiun Klaten di Klaten, Jawa Tengah,” kata Kepala Lab Transportasi Unika Soegijipranoto Semarang Djoko Setijowarno, ST, MT kepada Beritatrans.com di Jakarta, Jumat (2/6/2017).

Proyek selanjutnya, lanjut Djoko, bisa dibangun antara Terminal Poris, Tangerang, Banten dengan Stasiun Batuceper di Tangerang.

Dengan ada skybridge ini, menurut Djoko, memperpendek perjalanan antar dua simpul transportasi. Integrasi pertama di Indonesia untuk dua simpul transportasi dan terminal Tirtonadi dengan Stasiun Balapan menjadi contoh sukses yang layak ditiru.

Djoko menambahkan, tren kebutuhan transportasi yang aman, nyaman dan terpadu serta tarif terjangkau semakin tak terhindarkan. Tugas pemerintah dan operator transportasi di masyarakat untuk menjawabnya.

“Jika tisak, maka alamat transportasi umum di Indonesia akan semakin ditinggakan,” tutup Djoko.(helmi)

loading...