Angkasa Pura 2

Ini Kendaraan Yang Mempunyai Hak Khusus dan Harus Diprioritaskan di Jalan Raya

Aksi Polisi KoridorJumat, 2 Juni 2017
Kendaraan Khusus di Jalan Raya

JAKARTA (Beritatrans.com) – Untuk kepentingan khusus, beberapa macam kendaraan memang memiliki hak utama memakai jalan. Mereka diatur sesuai UU tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dan aturan pelaksananya.

Demikian disampaikan Kementerian Perhubungan seperti di-mention akun @kemenhub151. Sebagai regulator, Kemenhub tiada henti melakukan sosialisasi di masyarakat agar tetap terwujud tertib berlalu lintas sekaligus menekan angka kecelakaan di jalan raya.

Pengguna Jalan yang memperoleh hak keutamaan antara lain: a. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas; b. Ambulans yang mengangkut orang sakit; c. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada Kecelakaan Lalu Lintas; d. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia;

e. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara; f. Iring-iringan pengantar jenazah; dan g. Konvoi dan/atau Kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Mereka dijamin negara, sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2008 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 134. Oleh karena itu, mari bersabar dan mendahulukan mereka.(helmi)