Angkasa Pura 2

Menhub: Persiapan Angkutan Mudik Lebaran 2017 Sudah Mencapai 80%

IMG-20170602-WA0025

BEKASI (Beritatrans.com) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan telah mencapai 80%. Kementerian Perhubungan mengkoordinasikan penyelenggaraan Angkutan Lebaran dengan para pemangku kepentingan di tanah air.

Rapat koodinasi lintas kementerian sudah dilakukan dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian serta Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sudah komit siap membantu mengamankan dan memperlancar arus di sepanjang jalur mudik Lebaran 2017.

“Saat ini sudah siap di 48 Terminal Bus utama, 35 Bandara, 52 Pelabuhan, 7 Lintasan Penyeberangan, 9 Daerah Operasi Perkeretaapian di Jawa, dan 3 Divisi Regional perkeretaapian di Sumatera,” kata Menhub Budi Karya usai memimpin peringatan Hari Lahir Pancasila 2017 di STTD bekasi, Kamis (1/6/2017) petang.

Terkait dengan pemudik yang akan menggunakan kendaraan pribadi, Menhub berpesan jangan terlalu mengandalkan dan mengkonsentrasikan mudik melalui jalan tol Cipali.

“Mereka hendaknya juga bisa mengunakan jalan Pantura atau Jalur Selatan yang sama baiknya,” papar Menhub.

Manfaatkan Fasilitas Mudik Gratis

Untuk mereka yang akan menggunakan sepeda motor, Menhub kembali mengimbau kepada pemudik khususnya di Jabodetabek dan sekitarnya untuk mengikuti dan memanfaatkan angkutan mudik gratis yang telah disediakan Kemenhub, BUMN dan para Mitra Kerja.

“Kementerian Perhubungan, BUMN dan instansi pemerintah lainnya menyiapkan kuota untuk mudik gratis sampai 48.000 sepeda motor ada Lebaran mendatang. Manfaatkan fasilitas Pemerintah itu dan jangan memaksakan diri pulang dengan sepeda motor,” pinta Menhub.

Semua fasilitas dan pelayanan mudik gratis dari Jakarta ke berbagai kota di Jaa dan Sumatera, tambah Menhub, dimaksudkan untuk membantu memudahkan warga negara merayakan Lebaran bersama keluarga di kampung halaman. Selain itu juga menekan angka kecelakaan di jalan serta korban jiwa yang ditimbulkannya.

“Keselamatan di jalan raya kita ingatkan kepada pemudik dengan sepeda motor, kita mengimbau untuk menggunakan angkutan mudik gratis yang sudah disediakan dengan menggunakan kapal, kereta api, truk (untuk angkut sepeda motor) dan bus,” tandas Menhub.(helmi)

loading...