Angkasa Pura 2

Syahbandar Tanjung Priok Siapkan 19 Kapal Layani Arus Mudik Lebaran 2017

Dermaga KoridorJumat, 2 Juni 2017
Marwansyah_1

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kantor Syahbandar Tanjung Priok bersama operator pelayaran menyiapkan 19 kapal berbagai ukuran untuk melayani arus mudik Lebaran 2017. Mereka siap melayani arus mudik dari H-15 sampai H+ 15 Lebaran Idul Fitri 1438 H.

“Mereka meliputi 8 kapal PT Pelni, 5 kapal PT Bukit Merapin Nusantara Line (ro ro), 4 kapal PT Atosim Lampung Jaya (ro ro). Selanjutnya dua perusahaan pelayaran dan masing-masing mengoperasikan 1 kapal ro ro yaitu PT Fajar Bahari Indonesia dan PT Bangka Belitung Jaya,” kata Syahbandar Tanjung Priok Marwansyah, SH, MH kepada Beritatrans.com di Jakarta, Jumat (2/6/2017).

Beberapa pelabuhan asal yang diproyeksikan terjadi lonjakan arus penumpang kapal menuju Pelabuhan Tnjung Priok, lanjut dia, antara lain, Belawan Medan, Batam, Kepulauan Riau, Pontianak dan Kalimantan Tengah. Sementara, dari arah timur diproyeksikan penumpang akan ramai dari Surabaya, Makassar, Balikpapan, Ambon dan lainnya.

Menurut Marwansyah, secara teknik Syahbandar Tanjung Priok bersama pihak terkait sudah siap menyelenggarakan angkutan mudik Lebaran 2017 khususnya melalui Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

“Kapal-kapal yang akan dioperasikan untuk angkutan mudik Lebaran sudah dilakukan ramp check. Jika ramp check dilakukan di pelabuhan lain, nanti cukup dicek ulang dantak perlu ramp check lagi. Pada hakekatnya marine inspektor adalah sama,” kata Marwansyah lagi.

Sinergi Dengan Aparat Lain

Kendati begitu, mantan Syahbandar Makassar itu menambahkan, pihaknya akan siaga di lapangan. Jika ada perubahan atau dinamika yang perlu segera disikapi dengan cepat akan segera dilakukan.

“Prinsipnya, aparat Syahbandar Tanjung Priok siap bekerja sama dengan pihak lain baik sipil TNI/ Polri yang berkepentingan untuk memperlanjar perjalanan arus mudik dari dan menuju Pelabuhan Tanjung Priok,” kilah Marwansyah.

Putra Aceh itu menambahkan, selain mempersiapkan moda transportasi laut, pihaknya juga bekerja sama dengan operator angkutan darat, terutama Perum DAMRI dan PO lain untuk melayani angkutan dari Pelabuhan Tanjung Priok ke terminal, stasiun bahkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

“Dengan begitu, diharapkan semua penumpang kapal yang turun di Terminal Penumpang Nusantara Pura Tanung Priok bisa dilayani dengan baik. Mereka juga bisa melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan atau kampung halaman masing-masing,” tegas Marwansyah.(helmi)