Angkasa Pura 2

Djoko: Mudik Gratis Sepeda Motor Hanya Mampu Angkut 0,08% Proyeksi Pemudik

Koridor OtomotifSenin, 5 Juni 2017
Mudik Gratis Sepeda Motor - kapal Laut

JAKARTA (Beritatrans.com) -  Mudik gratis yang disiapkan Pemerintah, BUMN dan swasta  ternyata hanya mampu mengangkut sepeda motor 0,08% dari jumlah sepeda motor yang diproyeksikan akan digunakan untuk mudik Lebaran 2017.

“Implikaisnya tidak akan berpengaruh banyak mengurangi penggunaan sepeda motor saat mudik Lebaran nanti,” kata Kepala Lab Transportasi  Unika Soegijopranoto  Semarang Djoko Setijowarno, ST,MT yang dihubungi Beritarans.com di Jakarta, Senin (5/6/2017).

Mudik gratis sepeda motor yang disiapkan  berkapasitas 48 ribu (kapal laut, truk dan KA). Sementara, jelas Djoko, prediksi mudik menggunakan sepeda motor 6 juta unit sepeda motor.

IMG-20170602-WA0074

“Dengan kata lain, pemudik dengan sepeda motor masih akan banyak  dan berpotensi menambah kemacetan di jalan raya saat arus mudik nanti,” papar Djoko.

Bukan hanya itu, Djoko menambahkan, masih tinggi potensi terjadinya kecelakaan di jalan raya termasuk para pengguna sepeda motor.

“Masalah ini yang harus diantisipasi. Paling tidak, bagaimana memperkecil dampak negatif yang ditimbulkan,” tandas Djoko.(helmi)