Angkasa Pura 2

Ajakan Menhub Budi Karya Kembangkan Iptek Bidang Transportasi Dapat Respon Positif

Koridor Otomotif SDMSelasa, 6 Juni 2017
Menhub Naik Sepeda

JAKARTA (Beritatrans.com) – Ajakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada generasi muda, dosen dan peneliti untuk mengembangan teknologi baru di bidang informasi dan komunikasi dan disinergikan dengan moda transportasi untuk meningkatkan kemudahan pelayanan dan keselamatan trasportasi di Tanah Air.

Termasuk sepeda listrik atau alat transportasi ramah lingkungan lain mendapat sambutan positif. “Suatu kebanggaan juga apabila ke depan putra-putri terbaik bangsa Indonesia bisa menciptakan teknologi transportasi guna membantu kelancaran aktivitas masyarakat,” kata menhub Budi Karya melalui akun ribadinya @budikaryaS seperti dikutip Beritatrans.com, Selasa (6/6/2017)

Seruan Menhub Budi Karya tersebut mendapat respon potisif para pemuda di Tanah Air. Melalui akun @Afandipasaribu menuliskan responnya, “Kita bisa buat Pak, dengan objeknya sepeda listrik, mohon di dukung Pak @budikaryas, kita butuh dukungan Real Pak #MajulahIndonesia,” kata dia serius.

Pernyataan serupa juga disampaikan akun @yanuaranaba. “Kalau sudah ada yang bisa mohon di dukung pak, cc @fandipasaribu.”

Bike Sharing

Sebelumnya, usai mendampingi Presiden Jokowie China, dalam kunjungan kerja di Beijing, Minggu, 14 Mei 2017, saat mendampingi Presiden @Jokowi pada acara Belt and Road Forum, berkesempatan menjajal teknologi Global Positioning System (GPS) dan aplikasi pada sarana transportasi sepeda atau Bike Sharing.

Teknologi yang diterapkan pada sepeda ini sangat memudahkan masyarakat di Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Penyewa membuka kunci sepeda cukup dengan menyelaraskan barcode atau kode membuka kunci yang dikirim melalui aplikasi setelah transaksi disetujui.

Teknologi Bike Sharing di Beijing ini sangat membantu masyarakat. Pemilik jasa sewa sepeda juga dengan mudah mengetahui keberadaan sepeda. Dengan harga sewa yang sangat murah, 0,5 RMB per jam, pengguna jasa dapat meninggalkan sepeda dimana saja dengan cara memarkir dan menguncinya kembali.(helmi)