Angkasa Pura 2

Dedi Dharmawan: Perlu Dipasang alat Pendeteksi Otomatis FOD Di Landasan Pacu Bandara

Bandara KokpitRabu, 7 Juni 2017
Dedi Dharmawan1

JAKARTA (Beritatrans.com) – Foreign object demage (FOD) ini sebetulnya tidak perlu terjadi kalau managent bandar udara mau melengkapi bandar udaranya dengan alat pendeteksi FOD termasuk juga pendeteksi kerusakan landasan otomatis.

Demikian disampaikan mantan Kepala Badan Diklat Perhubungan (Sekarang, BPSDM Perhubungan) Ir. Dedi Dharmawan kepada Beritatrans.com, Rabu (7/6/2017)

Dedi menampaikan itu terkait beberapa kasus FOD termasuk kasus yang menimpa pesawat Lion Air dalam penerbangan dari Jakarta ke Tanung Pinang, Kepulauan Riau yang mengalami masalah karena FOD.

Menurutnya, sangat perlu segera dipasang alat pendeteksi otomatis FOD dilandasan pacu bandara, mengingat semakin sibuknya beberapa bandar udara di Tanah Air.

Run way sweeper memang bisa digunakan untuk membersihkan landasan dari FOD. Tapi, menurut Dedi, untuk bandar udara yang sibuk, sangat tidak efektif, karena akan memakan waktu yang sangat banyak.

Dia menambahan, ada beberapa pendeteksi otomatis FOD yang diproduksi, tapi hanya satu dua yang betul -betul bisa bekerja efektif dan efisien.

“Jadi memilih alat pendeteksi otomatis inipun tidak bisa asal harganya murah. Kembali harus diingat, efficient is important but safety is Paramount,” tegas Dedi Dharmawan.(helmi)

loading...