Angkasa Pura 2

Prediksi Mudik Lebaran, Pengguna Angkutan Umum Menurun, Angkutan Pribadi Meningkat

KoridorKamis, 8 Juni 2017
IMG-20170608-WA0011

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Seperti tahun sebelumnya, mudik Lebaran tahun ini diprediksi didominasi dengan pengguna angkutan pribadi dibandingkan angkutan umum bus.

“Penumpang angkutan umum dengan bus diprediksi mengalami penurunan 2,11 persen dibandingkan tahun sebelumnya dari 4,42 juta penumpang menjadi 4,32 juta penumpang,” jelas Pudji.

Berbanding terbalik dengan angkutan pribadi. Tahun ini prediksi kenaikannya cukup tinggi, yakni mencapai 13,9 persen. Dari sebelumnya sebanyak 3,6 juta menjadi 3,48 juta pemudik.

Pengguna sepeda motor juga mengalami peningkatan pada mudik mendatang dengan prosentase mencapai 18 persen. Dari tahun lalu, 5,14 juta motor, menjadi 6,07 juta kendaraan.

Penurunan angkutan penumpang dengan bus, kata Pudji, salah satunya disebabkan oleh meningkatkan perekonomian masyarakat yang tinggi. Mereka lebih memilih angkutan umum lainnya seperti kereta api dan pesawat atau lebih memilih kendaraan pribadi.

“Bus banyak yang meninggalkan karena dari kenyamanan dan dari sisi waktu (tempuh),” ungkapnya.

Pemerintah beserta BUMN dan swasta juga terus memberikan kemudahan pemudik dengan menyelenggarakan mudik gratis. Baik menggunakan bus, kereta api, maupun kapal roro dan kapal laut. (omy)

loading...