Angkasa Pura 2

Hasil Ramp Check, 40 Persen Bus Tak Layak Jalan Jelang Angleb 2017

KoridorJumat, 9 Juni 2017
IMG-20170609-WA0037

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Hasil ramp check terhadap bus antar kota antar propinsi (AKAP), antar kota dalam propinsi (AKDP), dan bus pariwisata jelang angkutan Lebaran 2017/1438H, sebanyak 40 persen tidak laik jalan.

“Hasil ramp check, 60 persen memenuhi syarat, sisanya 40 persen tidak memenuhi (syarat) enggak boleh beroperasi,” jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Jumat (9/6/2017).

Menurut Menhub, silahkan diperbaiki busnya untuk memenuhi syarat. Dishub dan Polri untuk mengawasi bus yang sudah ramp check.

“Yang memenuhi persyaratan busnya ditempeli stiker,” kata Menhub.

IMG-20170609-WA0043

Secara terpisah Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto yang baru saja melakukan uji kelaikan di Terminal Harjamukti, Cirebon.

“Ramcheck akan terus dilakukan hingga H-10 nanti,” tuturnya.

Pudji juga menyampaikan bahwa pengusaha angkutan umum juga harus peduli pada keselamatan. PO Bus juga perlu mengecek kondisi kendaraannya. Jangan hanya mengandalkan petugas penguji.

“Pengemudi juga harus sehat. Harus dicek urine nya, pake narkoba atau tidak. Kalau pengemudi ugal-ugalan, penumpang harus mengingatkan,” imbuhnya.

Penumpang juga agar selalu berhati-hati, jangan memakai perhiasan mencolok, pilih kendaraan yang laik jalan agar terwujud mudik lebaran yang selamat, aman dan nyaman. (omy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari