Angkasa Pura 2

MENHUB BUDI KARYA IMBAU PEMUDIK GUNAKAN BUS BER-STICKER DAN LAIK JALAN

KoridorSabtu, 10 Juni 2017
Menhub Ramp chek tasik1

Menhub Kolong Bus

TASIKMALAYA (Beritatrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghimbau pemudik yang akan menggunakan bus pada saat mudik lebaran agar menggunakan bis yang sudah berstiker laik jalan. Saat ini masih banyak ditemukan bus yang belum memenhi kelaikan jalan dan akan dioperasikan untuk melayani angkutan Lebaran 2017.

“Saya mengimbau kepada pemudik, naiklah bus yang ada stiker laik jalan karena bus yang berstiker itu sudah melalui ramp check oleh petugas-petugas kita dari tingkat pusat hingga tingkat daerah,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi saat melakukan peninjauan kesiapan Terminal dan Stasiun menjelang angkutan Lebaran tahun 2017 di Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (10/6/2017).

“Saya memang sedang melakukan pengecekan di titik-titik jalur mudik. Kita mengetahui jika dari Jakarta menuju ke Jawa Barat dan Jawa Timur,” kata Menhub lagi.

Kota Tasikmalaya dan Ciamis merupakan kota-kota yang menjadi jalur mudik. Terminal bus Indihang menjadi salah satu simpul di mana ramp check atau pemeriksaan kelaikan kendaraan bus tersebut dilakukan.

Didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya Jawa Barat A. Zaini Dahlan dan Kepala Terminal Indihiang Jenny M. Wirandani, Menhub Budi Karya melakukan pemeriksaan ulang terhadap bus yang sudah ditahan dan tidak diizinkan beroperasi karena tidak laik jalan sebagai hasil ramp check yang sudah dilakukan oleh petugas Terminal Indihang.

Menhub  Ramp tasik2

Cek Kolong Bus

Menhub Budik Karya juga sempat melakukan ramp check sendiri pada bus jurusan Tasikmalaya-Cikatomas dengan mengecek langsung ke kolong bus di halaman Terminal Indihiang

Usai memeriksa sendiri ketidaklaikan bus tersebut Menhub menyatakan, “Ramp check itu sangat penting, seperti tadi ada satu bus yang tidak lulus ramp check karena kaca depannya pecah, olinya bocor, remnya diikat dengan karet, jadi kalau dia nikung sedikit pasti akan lepas. Sudah pasti yang seperti ini keselamatannya tidak terjamin dan sangat membahayakan penumpang,” terang Menhub.

Sebelumnya, Menhub juga meminta kepada pengusaha PO untuk melakukan ramp check pada bus yang akan digunakan sebagai angkutan Lebaran.
“Saya juga menghimbau pengusaha-pengusaha PO harus melakukan ramp check bus-busnya dalam beberapa hari ini ke Dinas-dinas perhubungan setempat,” terang Menhub.

Dia menambahkan, ini baru hari ke-13 Ramadhan, kita kebut seminggu ini dengan all out, kalau perlu 24 jam kita lakukan ramp check. Saya akan melarang bus-bus yang tidak berstiker untuk beroperasi karena beresiko pada keselamatan,” tegas Menhub.(helmi)