Angkasa Pura 2

Terminal Pulogebang Akan Dilengkapi Shuttle Bus ke Stasiun Cakung

Emplasemen KoridorSabtu, 10 Juni 2017
IMG-20170610-WA0068

images-2

JAKARTA (Beritatrans.com) – Pemerintah bersama BUMN dan pihak terkait akan mengintegrasikan Terminal Terpadu Pulogebang dengan Stasiun Kereta Api (KA) Cakung, Jakarta Timur. Keduanya akan dihubungkan dengan shuttle bus yang dioperasikan oleh PT TransJakarta, sehingga penumpang KA bisa langsung ke Termina Poulogebang atau sebaliknya.

Kepala BPTJ Kementerian Perhubungan Bambang Prihartono mengatakan, semula akan dibangun jembatan penghubung sekitar 400 meter antara keduanya. “Namun dengan berbagai pertimbangan teknis serta biaya yang lebih kecil, akhirnya disepakati untuk mengoperasikan shuttle bus yang melayani kedua simpul transportasi yaitu moda KA dan moda transportasi darat,” katanya saat meninjau Terminal TransJakarta di kompleks Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Sabtu (10/6/2017).

Seperti diketahui, Terminal Pulogebang diharapkan menjadi terminal penumpang terpadu yang maju dan modern. Selain itu juga mampu mengintegrasikan seluruh moda transportasi di Ibukota Jakarta, mulai moda darat, KA, pelabuhan bahkan ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

IMG-20170611-WA0005

Dari Terminal Pulogebang kini sudah ada trayek bus DAMRI yang melayani Bandara Soetta. Selain itu juga seluruh bus AKAP tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur kini dipusatkan di Terminal Pulogebang dan sebagian di Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur.

Dikatakan Bambang Pri, setelah dibahas bersama para pemangku kepentingan lain, akhir disepakati untuk membangun dan mengoperasikan shuttle bus yang melayani Terminal Pulogebang dengan Stasiun KA Cakung. “Jarak keduanya relatif dekat dan cukup efektif jika dioperasikan shuttle bus untuk melayani perpindahan antar moda ke daerah Jakarta Timur tersebut,” jelas Bambang Pri.

IMG-20170611-WA0006

Siapkan Master Plann

Data yang dihimpun Beritatrans.com di lapangan, master plan dan design shuttle bus sudah dibuat PT TransJakarta. Halte Shuttle bus tersebut akan menyatu dengan Stasiun Cakung, terpatnya di sisi utara rel KA dan bisa langsung melaju ke Terminal Pulogebang.

Shuttle bus nanti yang akan mengoperasikan PT TransJakarta. Sementara, Stasiun Cakung dan Halte Shuttle bus akan dibangun oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Halte Shuttle bus itu akan dibangun di atas lahan milik KAI. Penumpang KA bisa turun di Stasiun Cakung dan bisa langsung berpindah moda menuju Terminal Pulogebang atau sebaliknya.

IMG-20170611-WA0004

Pantauan Beritatrans.com di lapangan, di sekitar Stasiun Cakung, Jakarta Timur kini tengah dibangun proyek double-double track yang akan menghubungkan Stasiun Manggarai Jakarta Selatan ke Cikarang, Bekasi Jawa Barat.

Stasiun Cakung yang ada sekarang tengah direnovasi dan digeser ke arah timur dari lokasi semula. Stasiun Cakung yang baru nanti bisa langsung terkoneksi dengan moda transportasi darat dan dihubungkan dengan shuttle bus menuju Terminal Pulogebang.(helmi)