Angkasa Pura 2

Toyota Kijang Rayakan 40 Tahun Keberadaan di Indonesia

OtomotifSabtu, 10 Juni 2017
Toyota_kijang_Generasi_pertama_giias 2015_Kijang buaya

JAKARTA (Beritatrans.com) – Siapa yang tak kenal dengan Toyota Kijang? Mobil keluarga ini telah lama menemani berbagai aktivitas kehidupan masyarakat Indonesia.

Sejak kehadiran generasi pertama pada Juni 1977, total penjualan Toyota Kijang sudah mencapai lebih dari 1.750.000 unit, dan ini merupakan angka penjualan tertinggi di segmen MPV.

Keberadaannya di Indonesia tidak terlepas dari respon Toyota terhadap kebijakan pemerintah dalam mengembangkan industri nasional melalui pengembangan alat angkut serba guna di era 1970-an.

Seiring dengan kemajuan ekonomi dan kebutuhan masyarakat, kendaraan ini terus dikembangkan hingga hadir Toyota Kijang Generasi-2 tahun 1981. Sejak saat itu, Toyota Kijang tak lagi dikenal sebagai kendaraan angkutan barang tapi juga sebagai kendaraan keluarga.

Generasi-2 Toyota Kijang ini kemudian membuka peluang terbentuknya segmen pasar MPV yang sampai saat ini merupakan ceruk pasar terbesar. Berdasarkan data GAIKINDO, segmen MPV mampu menguasai hampir 50% pasar otomotif nasional.

“Kami bersyukur bahwa sejak diperkenalkan, Kijang memang telah berhasil membuka segmen baru di pasar otomotif Indonesia, khususnya MPV,” kata President Director, PT Toyota-Astra Motor, Yoshihiro Nakata, di Jakarta, Jumat (9/6/2017).

Di era 1990-an, segmen ini menjadi ceruk pasar yang paling dinamis. Seabanyak 80 model MPV yang pernah masuk ke segmen MPV, hanya 20 model saja yang bisa terus berlanjut, termasuk Toyota Kijang.

“Keberhasilan Toyota Kijang ini menjadi basis pengembangan model MPV Toyota lainnya, seperti Toyota Avanza dan Toyota Calya,” ucap Yoshihiro.

Kini dengan 40 tahun keberadaan di Indonesia, Toyota Kijang telah menempatkan Toyota Indonesia sebagai empat besar dalam tataran penjualan Toyota Global setelah Jepang, Amerika Serikat, dan China.

Tercatat pada tahun 2016 total penjualan Toyota berhasil mencapai 388.204 unit. Dari jumlah tersebut sebanyak 249.253 unit di antaranya berasal dari penjualan segmen MPV. [yog]

Foto: yogi