Angkasa Pura 2

PIP Makassar Siapkan 120 Taruna Bertugas di Posko Angkutan Lebaran 2017 di Pelabuhan Makassar

SDMMinggu, 11 Juni 2017
IMG-20170608-WA0057

JAKARTA (Beritatrans.com) – Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar siap mengirimkan 120 taruna-taruni untuk membantu pelaksanaan Posko Angkutan Lebaran 2017 di Pelabuhan Soekarno-Hatta (Soetta), Makassar, Sulawesi Selatan. Mereka siap di lapangan mulai Senin (19/6/2017) sampai Senin (3/7/2017).

“Ini bagian dari pengamalan Tri Dharma perguruan Tinggi sekaligus membantu masyarakat yang akan mudik merayakan Lebaran bersama keluarga di kampung halaman,” kata Plt Direktur PIP Makassar Jhoni Turiska, M.Si, M.Mar.E saat dihubungai Beritatrans.com, Minggu (11/6/2017).

Dikatakan, taruna yang akan bertugas di Posko Angkutan Lebaran tersebut disiapkan terutama dari taruna wreda dan taruna madya PIP Makassar. Mereka kebanyakan adalah taruna yang non muslim terutama warga Makassar dan sekitarnya. Bisa juga taruna yang tetap tinggal di asrama selama liburan mendatang.

Kasubag Ketarunaan dan Alumni PIP Makassar Capt. Ilham Ashari, MM, M.Mar menambahkan, PIP Makassar menyiapkan orangnya (taruna). Dan nanti pengaturan dan teknis kerja di lapangan akan diatur pihak Pokso Angkutan Lebaran di Pelabuhan Soetta, Makassar.

“Prinsipnya, civitas academika PIP Makassar siap berpartisipasi membantu kelancaran arus mudik kapal laut di pelabuhan terbesar di Indonesia timur itu,” jelas putra Bantaeng itu kepada Beritatrans.com.

“Dengan pengaturan seperti itu, diharapkan pelaksanaan tugas di lapangan bisa optimal serta tidak mengganggu aktivitas taruna karena tidak merayakan Lebaran,” kilah Capt. Ilham.

Pengerahan taruna PIP Makassar untuk membantu Posko Angkutan Lebaran sudah menjadi agenda rutin setiap tahun. Bukan hanya itu, para taruna juga dilibatkan dalam proses ramp check kapal-kapal dan fasilitas pelabuhan yang akan digunakan untuk melayani masyarakat mudik merayakan Lebaran di daerah asalnya.

“Taruna PIP Makassar kemarin juga ikut membantu tim marine inspector Ditkappel Ditjen Perhubungan Laut melakukan ramp check kapal-kapal di Pelabuhan Soetta, Makassar. Alhamdulillah, semua berjalan lancar dan semua tugas bisa dilaksanakan dengan baik,” tegas Capt. Ilham.(helmi)