Angkasa Pura 2

Jelang Angkutan Lebaran, Dirjen Hubdat Pudji Hartanto Klaim Sudah 85% Bus AKAP Diramp Check

KoridorSelasa, 13 Juni 2017
IMG-20170613-WA0053

JAKARTA (Beritatrans.com)  – Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan  Pudji Hartanto Iskandar mengatakan, sampai siang ini sudah 85% armada bus AKAP selesai ramp check dan siap melayani arus mudik Lebaran 2017.

“Arus mudik diproyeksikan akan dimulai Senin depan tanggal 19  Juni 2017 dan mencapai  puncaknya H-2 Lebaran mendatang,” kata Dirjen Pudji pada pers di Jakarta, Selasa (13/6/2017).

Secara teknis kita sudah siap menyelenggarakan arus mudik Lebaran 2017. Armada bus AKAP sudah ada totalnya sekitar 42.000 unit seluruh  Indonesia.

Kemeterian Perhubungan bersama BUMB dan swasta sudah menyiapkan sarana mudik gratis dengan berbagai moda transportasi.  Semua itu disiapkan bagi warga masyarakat yang akan pulang merayakan Lebaran bersama keluarganya.

Data yang dihimpun pers  menyebutkan, infrastruktur jalan termasuk jalan tol sudah selesai dari Merak sampai Weleri Kendal. Meski ruas tol dari  Brebes ke Weleri Kendal masih fungsional.

Kemudian mulai Semarang, Bawen bahkan sudah lanjut sampai Salatiga bisa melaju di jalan tol.  Untuk ruas tol Bawen- Salaiga masih dioperasikan gratis alias belum dipungut banyaran.

Namun begitu, Dirjen Pudji mengingatkan agar pemudik tetap berhati-hati dan mengutamakan keselamatan. Keselamatam harus nonor satu dan nyawa manusia tak bisa diganti.

 ”Keselamatan baik orang, kendaraan serta pengoperasiannya harus baik dan benar. Semua harus baik dan laik jalan dan dioperasikan dengan benar,” papar Pudji.

IMG-20170613-WA0054

Tak Mudik Dengan Sepeda Motor

Pada kesempatan tersebut, Dirjen Pudji didampingi Direktur Multimoda Cucu Mulyana mengatakan, sebaiknya masyarakat tidak pulang mudik menggunakan sepeda motor.

“Pemerintah sudah menyediakan fasilitas mudik gratis termasuk dengan kapal laut. Mudik dengan kapal ro ro tujuan Jakarta – Semaran dan Jakarta-Panjang Lampung baru terisi sekitar 40%,” papar Pudji.

Oleh karena itu, tambah mantan  Kakorlantas Polri itu meminta masyarakat untuk mudik guna merayakan Lebaran dengan baik, aman dan selamat.

“Jangan paksakan jika memang tidak memenuhi aspek keselamatan. Jika tidak terpaksa jangan mudik dengan sepeda motor. Kecuali terpaksa dan harus memenuhi aspek keselamatan jalan,” tegas Dirjen Pudji. (helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari