Angkasa Pura 2

KNKT Imbau Penyelenggara Mudik Gratis Tidak Gunakan Mobil Tua

KoridorSelasa, 13 Juni 2017
IMG-20170613-WA0001

JAKARTA (beritatrans.com) – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengimbau agar para penyelenggara Mudik Gratis Lebaran 2017/1438 H tidak menggunakan armada bus yang sudah terlampau tua. Kendaraan yang digunakan untuk angkutan mudik gratis juga harus memenuhi syarat kelaikan.

Demikian dikatakan Kepala Sub Komisi Investigasi Kecelakaan Lalu Lintas Angkutan Jalan Prof. Leksmono Suryo Putranto melalui keterangan tertulis yang diterima beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans di Jakarta, Selasa (13/6/2017).

“Cheklist kelaikan kendaraan dapat dilihat pada buku uji,” ujar Leksmono.

Leksmono mengatakan, apabila penyelengara mudik gratis kesulitan memeriksa kelaikan kendaraan yang akan digunakan, mereka dapat meminta bantuan dari pihak Dinas Perhubungan terkait.

Selain checklist kelaikan kendaraan, Leksmono juga menyarankan agar kendaraan menggunakan safety glass.

“Safety glass ini ada dua model yaitu jenis tempared dan laminated,” ujarnya.

Kaca jenis tempared bila pecah tidak menghasilkan butiran tajam, melainkan dalam bentuk kerikil. Jenis kaca ini cocok dipasang di sisi kiri dan kanan jendela mobil.

Sedangkan kaca jenis laminated cocok dipasang di bagian depan dan belakang mobil karena bila pecah tidak berhamburan. Kaca yang pecah itu akan tetap melekat dan menyatu. (aliy)