Angkasa Pura 2

Iperindo Berharap Pemerintah Terus Bangun Kapal Untuk Perkuat Tol Laut & Poros Maritim

DermagaRabu, 14 Juni 2017
2017-06-14 22.20.28

BANYUASIN (BeritaTrans.com) – Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (Iperindo) berharap pemerintah, termasuk Kementerian Perhubungan, terus membangun kapal.

Harapan itu disampaikan Wakil Ketua Iperindo Yance Gunawan saat memberikan sambutan peluncuran KM Sabuk Nusantara 84 di galangan Mariana Bahagia, Banyuasin, Sumatera Selatan, Rabu (14/6/2017) malam.

Pada satu sisi, Yance menuturkan pembangunan kapal akan semakin memperkuat tol laut sekaligus menjadi bagian merealisasikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Pada sisi lain, dia mengutarakan akan berefek positif bagi industri galangan kapal dalam negeri, sekaligus mempertahankan kesempatan bekerja bagi SDM memiliki kompetensi dan skill dalam membangun kapal.

“Tahun 2018 mendatang, masih menjadi pertanyaan besar tentang seberapa banyak pemerintah akan membangun kapal lagi. Kami cukup khawatir bila jumlahnya mengecil atau bahkan tidak ada sama sekali,” cetus pemilik galangan kapal PT Dumas Tanjung Perak Shipyard tersebut.

Bila sepi pekerjaan dari pemerintah dalam membangun kapal, dia menuturkan maka galangan kapal akan kembali menjadi hanya sebagai tempat perawatan kapal.

“Itu artinya begitu banyak tenaga kerja yang akan menganggur, terutama mereka yang memiliki kompetensi dan skill dalam membangun kapal,” ujarnya. (dien).

loading...