Angkasa Pura 2

Siti Alfiah dan Ratna, Dua Taruni STTD Magang Kerja di Perum PPD

SDMRabu, 14 Juni 2017
IMG-20170614-WA0115

JAKARTA (Beritratrans.com) – Sekolah Tinggi Transprotasi Darat (STTD) Bekasi bukan hanya membekali para taruna dengan pengetahuan dan teori di balik meja. Kampus transportasi darat itu juga mewajibkan seluruh tarunanya untuk Praktik Kerja Lapangan (PKL) baik di Pemerintah atau magang kerja di operator transportasi umum di Tanah Air.

Siti Alfiah dan Ratna, adalah dua taruni STTD Bekasi yang kini sedang dalam proses akhir menjalani magang kerja di Perum PPD. Salah satu BUMN transportasi darat itu setiap tahun menampung taruna STTD yang magang kerja. Pekan depan, tepatnya Selasa (20/6/2017) akan segera mengakhiri praktik magang di Perum PPD ini.

Alfiah dan Ratna mengaku selama praktek kerja di Perum PPD banyak ilmu dan pengalaman yang diperoleh selama magang di kantor Perum PPD. “Kita di-rolling, baik di kantor usat atau di Depo PPD khususnya di Ciputat, Tangerang, Banten,” kata Alfiah dalam perbincangan dengan Beritatrans.com di Jakarta, kemarin.

Selama magang kerja di PPD, lanjut dia, taruna magang diberikan kesempatan untuk praktik kerja baik di manajemen atau di lapangan khususnya Depo PPD di berbagai titik di Kota Jakarta.Mereka magang kerja dan dibawah pengawasan karuawan senior dan dinilai mumpuni dalam menjalankan tugasnya.

“Saat ini, kita ada 15 taruna yang magang kerja di Perum PPD. Tujuh diantaranya ditempatkan di Depo PPD di Ciputat Tangerang, Banten,” terang Alfiah.

Selama magang di PPD tiga bulan terakhir, Ratna menambahkan, banyak penugasan diberikan kepada taruna magang. “Kita diberi kesempatan untuk belajar mengenai PPD mulai baik di manajemen, di lapangan bahkan sampai Depo dan bengkel Perum PPD di lapangan,” kata dia.

Kabag Administrasi Akademik dan Ketarunaan STTD Drs. Muh Nurhadi, MM, MT membenarkan ada 15 taruna STTD sedang magang kerja di Perum PPD. Selain BUMN transportasi tersebut, ada taruna STTD yang juga menjalani magang kerja ditempat lain baik di BUMN atau PO Swasta di Indonesia.

“Sebelum menyelesaikan tugas akhirnya, taruna harus PKL dan praktik kerja atau magang di operator. Saat mereka lulus kelak, sudah memiliki ilmu dan pengetahuan yang lengkap sesuai program studi (prodi) yang dipelajarinya,” kata Nurhadi menjawab Beritatrans.com.

Dari magang kerja tersebut, tambah dia, sebagian justru ajang survey atau penelitian mengenai pokok masalah yang akan diangkat dalam tugas akhir yang akan ditulisnya kelak.

“Banyak taruna memang mengangkat hasil penelitian selama magang kerja diangkat menjadi tugas akhir sebelum menyelesaikan program diklat di STTD,” tegas Nurhadi.(helmi)