Angkasa Pura 2

HUT Ke-66 Koopsau Diperingati Di Lanud Wiriadinata

Hankam KokpitKamis, 15 Juni 2017
2017-06-15 21.32.49

TASIKMALAYA (BeritaTrans.com) – Tugas Koopsau sangat berat yakni membina kemampuan dan kesiapsiagaan operasional satuan-satuan TNI AU dalam jajarannya. Selain itu, melaksanakan operasi-operasi udara dalam rangka penegakan kedaulatan negara, mendukung penegakan kedaulatan negara di darat dan laut.

Demikian sambutan tertulis Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP, yang dibacakan Komandan Lanud Wiriadinata Letkol Pnb Safeano Cahyo Wibowo, S.T., Exc Dipl SS, selaku inspektur upacara pada hari jadi ke-66 Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau), Kamis (15/06) bertempat di lapangan upacara Lanud Wiriadinata, Tasikmalaya, Jawa Barat.

“Sejak kelahirannya 15 juni 1951, Koopsau telah menunjukkan kinerja yang membanggakan. Koopsau telah aktif berperan mengabdikan diri bagi keberhasilan pelaksanaan tugas Angkatan Udara, TNI, bangsa dan negara,” ungkap Kasau seperti dikutip BeritaTrans.com dari rilis yang dikirim dan diotentifikasi Kapentak Lanud Wiriadinata Kapten Sus R Rambe.

Selama 66 tahun berkiprah, Koopsau telah menorehkan berbagai prestasi, baik melalui Operasi Militer Perang (OMP), dalam rangka menjaga dan menegakkan kedaulatan negara, maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) untuk tugas-tugas kemanusiaan dalam rangka civic mission.

“Meskipun keberhasilan demi keberhasilan telah diraih, saya minta kalian tidak terus puas di situ saja, terus lakukan upaya-upaya perbaikan diri dan kinerja masing-masing karena berbagai tantangan yang kita hadapi semakin berat seiring dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis yang sangat cepat dan dinamis serta persaingan antar bangsa yang semakin ketat,” terang Kasau.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kasau menyampaikan pesan sebagai berikut;

Pertama, tingkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai benteng memperkokoh pengabdian selaku prajurit Sapta Marga.

“Kedua, jaga soliditas internal Angkatan Udara dan TNI, serta hubungan baik dengan masyarakat di manapun berada dan ditugaskan.”

Ketiga, tingkatkan kualitas pengabdian sebagai prajurit dan PNS jajaran Koopsau, dengan senantiasa mengedepankan profesio-nalisme dalam pelaksanaan tugas.

Keempat, laksanakan kegiatan operasi sesuai prosedur dan tingkatkan kualitas pembinaan operasi serta latihan dengan sebaik-baiknya, dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan terbang, sebagai upaya mewujudkan ‘zero accident’.

Kelima, tuntaskan dengan segera berbagai permasalahan yang terkait dengan logistik, operasi dan personel, sehingga tugas akan terlaksana dengan lancar.

Keenam, upayakan langkah-langkah terpadu dalam mengamankan aset negara yang menjadi tanggung jawab TNI Angkatan Udara di seluruh jajaran Koopsau”.

Ulang tahun ke-66 Koopsau diperingati dalam sorotan tema “dilandasi semangat Abhibhuti Antarikse, Koopsau siap mewujudkan TNI Angkatan Udara yang ksatria, militan, loyal dan profesional guna menegakkan kedaulatan dan keutuhan NKRI”. Dirgahayu Koopsau, Abhibhuti Antarikse. (agus w).